Terjaring Razia Masker, Satu Pengendara Motor di Makassar Reaktif Rapid Test

Andi Deri Sunggu ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 11:35 WIB
Terjaring Razia Masker, Satu Pengendara Motor di Makassar Reaktif Rapid Test
Petugas menyetop seorang pengendara motor yang tidak pakai masker saat berkendara. (Foto: iNews/Andi Deri Sunggu).

MAKASSAR, iNews.id - Puluhan warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terjaring razia masker, dan langsung mendapat sanksi sosial. Satu orang pelanggar dinyatakan reaktif usai menjalani rapid test.

"Iya, benar. Satu orang reaktif," kata Kabid Penegakkan Hukum Satpol PP Makassar, Irwan, saat dikonfirmasi di Kota Makassar, Sulsel, Jumat (24/7/2020).

Pengendara pelanggar protokol kesehatan langsung diarahkan untuk menjalani tes swab untuk memastikan kondisi kesehatannya. Dia juga akan menjalani karantina hingga hasil pemeriksaan PCR-nya keluar.

Menurut dia, dari hari ke hari pelanggar protokol kesehatan di Kota Makassar memang semakin berkurang. Sebab sejak petugas gabungan turun ke jalan untuk merazia warga tak pakai masker, warga mulai disiplin.

"Saat ini 90 persen warga sudah pakai masker saat keluar rumah," ujar dia.

Kemudian 10 persen di antaranya, kata dia, memang masih membandel. Karena itu bila didapti petugas, mereka akan dikenakan sanksi sosial dan rapid test di tempat.

Seorang pelanggar, Iman mengatakan, mendukung langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar dan satgas penanganan Covid-19. Dia sempat terjaring razia dan mendapat sanksi sosial push-up.

"Iya ini bagus supaya warga disiplin. Saya mendukung," kata dia.

Pantauan iNews, tidak semua pengendara motor terjaring razia. Banyak dari mereka yang kedapatan tidak memakai masker langsung putar balik kendaraannya dan membuat sejumlah petugas kewalahan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal