Terduga Teroris JI Sempat Rencanakan Perampokan untuk Kumpulkan Dana

Antara ยท Kamis, 02 Desember 2021 - 14:35:00 WITA
Terduga Teroris JI Sempat Rencanakan Perampokan untuk Kumpulkan Dana
Rumah terduga teroris dipasangi garis polisi. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah yang ditangkap di Luwu Timur sempat merencanakan aksi perampokan. Tujuannya untuk pengumpulan dana kebutuhan organisasi terlarang itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ade Indrawan mengatakan, dua tersangka yang diamankan MU dan MM sempat merencanakan aksi pencurian dengan cara merampok.

"Perampokan ini untuk pengumpulan dana," kata Kombes Pol Ade di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (1/12/2021).

Fakta-faktanya tersangka MU diketahui anggota toliyah wilayah Sulawesi, berada di bawah perintah tersangka HP yang sudah ditangkap lebih dulu.

HP bagian dalam struktur jaringan JI dan merupakan Qoid Wakalah (Koordinator) Sulawesi yang juga tergabung dalam tim Askari.

Tim Askari ini dibentuk untuk melakukan aksi amaliyah (pencarian dana) terhadap aparat negara, namun belum sempat dilaksanakan karena terkendala logistik senjata dan jumlah jamaah yang kurang.

Adapun toliyah bertugas untuk memfasilitasi tempat pertemuan maupun tempat peristirahatan tamu dari wilayah Sulsel serta menyimpan senjata milik organisasi Jamaah Islamiyah di wilayah Sulawesi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: