Tak Ada Larangan Mudik, Warga Tetap Diimbau Tunda Perjalanan ke Kampung Halaman

iNews.id · Rabu, 17 Maret 2021 - 12:15:00 WITA
Tak Ada Larangan Mudik, Warga Tetap Diimbau Tunda Perjalanan ke Kampung Halaman
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: Istimewa)

MAKASSAR, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, tak melarang masyarakat untuk mudik Lebaran 2021. Namun masyarakat tetap diimbau berada di rumah untuk mencegah penularan virus corona.

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, hal ini karena angka penularan Covid-19 di Indonesia masih fluktuatif.

"Sekali lagi harus ditekankan sebaiknya tetap di rumah pada lebaran kedua ini karena situasi belum teratasi dengan baik," kata Dicky, Rabu (17/3/2021).

Menurut dia, berada di rumah dan menunda perjalanan adalah cara terbaik untuk meminimalisir potensi penyebaran virus corona.

"Dengan menunda perjalanan dan memilih di rumah ini berkontribusi mencegah penularan bahkan setelah jika sudah divaksinasi," ujar dia.

Jika terpaksa harus mudik, Dicky menyarankan agar melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu semisal PCR ataupun rapid antigen.

Lalu pastikan pula tidak ada gejala sakit apapun sebelum meninggalkan rumah. Selain itu selama perjalanan, diimbau masyarakat harus displin protokol kesehatan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal