Sumur Terbakar di Jenemadingin Gowa Gegerkan Warga, Diduga Mengandung Minyak

Sindonews, Herni Amir ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 11:20:00 WITA
Sumur Terbakar di Jenemadingin Gowa Gegerkan Warga, Diduga Mengandung Minyak
Seorang penggali sumur menunjukan lokasi sumur diduga mengandung minyak. (Foto: Sindonews).

GOWA, iNews.id - Warga di kawasan Pattllassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) heboh dengan penemuan sumur bor diduga mengandung minyak. Sebab, air di dalam sumur tersebut dapat terbakar dan tercium bau seperti solar.

Sumur dengan kedalaman 100 meter itu berada di tanah milik H Arifin, warga Dusun Daddo Baddo, Desa Jenemadingin, Kecamatan Pattllassang.

Penggali sumur, Rais Daeng Tiro mengatakan, dia bersama rekan-rekannya mulai menggali sumur pada 25 Desember 2019 lalu. Prosesnya bisa dibilang sudah rampung, namun sumur tiba-tiba berbau menyengat, seperti solar.

BACA JUGA: Polisi Pasang Garis Pengaman di Sumur Penghasil Air Panas di Tegal

"Jadi dalamnya 100 meter lebih. Sudah selesai sebetulnya. Tapi tetap berbau solar," kata Rais kepada wartawan di Kabupaten Gowa, Sulsel, Minggu (19/1/2020).

Dia meyakini, sumur mengandung minyak. Sebab bukan hanya menimbulkan bau, air yang ada di dalam sumur tersebut dapat menimbulkan api, saat dia menghidupkan mesin bor.

BACA JUGA: Aneh, Sumur di Tegal Keluarkan Uap dan Air Panas Bersuhu 60 Derajat Celcius

Menurutnya, api membesar meski dalam waktu singkat. Padahal tempat bensin jauh dari mesin. Beruntung mesin miliknya dapat diselamatkan dengan menimbun pasir agar api padam.

Sementara itu Camat Pattallassang, Baharuddin, membenarkan adanya sumur terbakar di Desa Jenemadingin. Namun, dia tak bisa memastikan terkait adanya kandungan minyak di sumur itu.

"Sementara diteliti nanti ada hasilnya dari tim ahli baru bisa dikatakan mengandung minyak," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal