Skema Sekolah Tatap Muka Sudah Disiapkan, Diterapkan saat Kasus Covid Melandai

Vivi Riski Indriani ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 12:35:00 WITA
Skema Sekolah Tatap Muka Sudah Disiapkan, Diterapkan saat Kasus Covid Melandai
Siswi SMA mencuci tangan sebelum masuk kelas. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Dinas Pendidikan Makassar sudah menyiapkan skema belajar tatap muka di masa pandemi Covid-19. Namun kebijakan itu belum bisa diterapkan karena menunggu angka kasusnya melandai.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Irwan Bangsawan mengatakan, petunjuk teknis (juknis) tentang pelaksanaan sekolah tatap muka sudah dirampungkan. Hanya saja belum disosialisasikan ke sekolah-sekolah.

"Juknisnya sudah siap isinya hampir 30 halaman, tapi belum kita sampaikan ke sekolah karena jangan sampai sekolah mengira belajar tatap muka sudah dibolehkan," kata Irwan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (8/1/2021).

Irwan menyebut, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi sekolah sebelum belajar tatap muka dibuka. Salah satunya, membuat daftar periksa kesiapan sekolah.

"Jadi tiap sekolah membuat daftar periksa, nanti kita ke sana turun dengan tim memeriksa kesiapan mereka. Misalnya, melihat bagaimana kondisi sekolah, jumlah fasilitas yang disiapkan, dan perlengkapan lainnya," ujarnya.

Hanya saja saat ini, Irwan mengatakan belum ada sekolah yang mengajukan daftar periksa. Alasannya, pemerintah belum mengizinkan sekolah tatap muka.

"Nanti kalau sekolah tatap muka sudah dibolehkan, kita sampaikan ke sekolah untuk mempersiapkan semuanya. Termasuk daftar periksa," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal