Sidang Pembunuhan Taruna ATKP Makassar, Terdakwa Sujud di Kaki Orangtua Aldama

Andi Deri Sunggu ยท Selasa, 02 Juli 2019 - 19:21:00 WITA
Sidang Pembunuhan Taruna ATKP Makassar, Terdakwa Sujud di Kaki Orangtua Aldama
Terdakwa M Rusli saat bersujud meminta maaf di hadapan ayah Aldama dalam persidangan di PN Makassar. (Foto: iNews/Andi Deri Sunggu)

MAKASSAR, iNews.id – Sidang lanjutan pembunuhan Aldama Putra Pongkala, taruna Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar memasuki agenda pembacaan dakwaan. Di sela persidangan, terdakwa Muhammad Rusdi bersujud dan memohon maaf kepada ayah almarhum.

Pantauan iNews, berlangsungnya sidang kedua ini berjalan tertib dan aman selama kurang lebih satu jam di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Senin (1/7/2019). Delapan saksi yang merupakan taruna ATKP Makassar dihadirkan beserta ayah almarhum, Pelda Daniel Pongkala.

Bagian yang menggugah hati yakni saat terdakwa mendatangi ayah almarhum yang duduk di kursi saksi bagian depan. Terdakwa kemudian tampak beberapa kali bersujud di bawah kaki ayah dari almarhum Aldama. Di situ, terdakwa meminta maaf dan mengakui kesalahannya.

Sementara itu, ayah Aldama, Pelda Daniel Pongkala menerima permintaan maaf tersebut. Ini merupakan kali pertama hal itu terucap dari terdakwa yang diduga telah membunuh putra tunggalnya.

“Belum ada permintaan maaf selama ini. Baik dari terdakwa maupun keluarganya,” ujar Daniel, Senin (2/7/2019).

Dia berharap dari persidangan ini tak ada lagi kekerasan dalam akademi apapun dari senior kepada junior.

“Cukup anak saya. Jangan ada lagi Aldama lainnya,” ucapnya.

Diketahui, terdakwa Muhammad Rusdi didakwa telah membunuh Aldama, yang merupakan juniornya. Dia didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) PN Makassar dengan Pasal 338 KUHP dengan ancaman minimal 15 tahun penjara.


Editor : Donald Karouw