Siapkan Strategi sebelum Beraksi, 5 Kawanan Begal Sadis di Makassar Ditangkap Polisi

Yoel Yusvin ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 13:45 WIB
Siapkan Strategi sebelum Beraksi, 5 Kawanan Begal Sadis di Makassar Ditangkap Polisi
Polisi tangkap 5 kawanan begal yang kerap beraksi di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR, iNews.id - Polisi menangkap lima kawanan begal sadis yang biasa beraksi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka ternyata hanya sekumpulan remaja, namun sudah melakukan tindakan begal 17 kali dalam satu tahun terakhir.

Kanit Reskrim Polsek Tamalanrea Kota Makassar, Iptu Amrullah, membenarkan adanya penangkapan tersebut. Kronologinya berawal saat polisi mendapati informasi dari warga ada sekelompok remaja nongkrong di dalam rumah kosong dan membawa senjata tajam parang.

"Saat ditelusuri, ternyata mereka merupakan kawanan begal yang sedang merencanakan aksinya," kata Amrullah kepada wartawan di Mapolsek Tamalanrea, Kota Makassar, Sulsel, Selasa (4/2/2020).

Menurut dia, dari hasil penangkapan tersebut polisi mendapati barang bukti yakni sebilah parang, dua ponsel milik pelaku, dan satu motor yang dipakai untuk beraksi begal pada Selasa dini hari nanti.

Dia mengatakan, kawanan begal ini memang sudah lama menjadi target polisi. Sebab banyak laporan yang masuk adanya aksi pencurian dan kekerasan di wilayah Jalan Perintis Kemerdekaan.

"Biasaya mereka membegal pengendara motor. Aksi mereka sekitar jam 03.00 - 04.00 WITA," ujar dia.

Sementara ini polisi masih mendalami kasus begal yang dilakukan kelompok tersebut. Mereka mengaku, barang hasil curian tersebut dijual dan dibagi rata ke kelompoknya untuk kemudian dibelikan sabu-sabu.

"Kami ambil motor dan Hp terakhir kali. Barangnya kami jual dan dibagi rata. Nanti untuk beli sabu-sabu," kata seorang pelaku Yusuf (19).

Dia mengaku sudah melakukan begal sebanyak lima kali di Jalan Perintis Kemerdekaan. Sedangkan seorang rekannya, Kalbi (19), yang membawa senjata tajam mengaku sudah 17 kali beraksi di sana.

"Iya sudah 17 kali," ujar Kalbi.

Polisi saat ini masih mencari barang bukti lainnya serta terduga penadah barang curian para pelaku. Akibat perbuatannya itu, para pelaku terancam pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana kurungan di atas lima tahun penjara.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal