Siap Hadapi Bencana, Pemerintah Gowa Operasikan Posko Siaga

Antara ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 16:30 WIB
Siap Hadapi Bencana, Pemerintah Gowa Operasikan Posko Siaga
Ilustrasi Posko Bencana (Dok/iNews)

GOWA, iNews.id - Curah hujan di wilayah Gowa, Sulawesi Selatan semakin tinggi. Berkaca dari hal itu, pemerintah Kabupaten Gowa mulai mengoperasikan posko siaga bencana. Hal ini sesuai dengan instruksi dari Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gowa Iksan Parawangsa mengatakan, posko ini mulai diaktifkan pada hari ini, Kamis (2/1/2020).

"Sesuai dengan instruksi dari Pak Bupati, hari ini kami mulai operasikan posko siaga bencananya," kata Iksan kepada wartawan.

Iksan menambahkan, posko siaga itu dioperasikan untuk memberikan respon cepat saat terjadi bencana. Menurutnya, pihaknya sangat bersyukur dengan pengoperasian posko mengingat sepanjang bulan Januari-Februari 2020 memasuki puncak musim hujan.

BACA JUGA: Penanganan Banjir di Konawe Utara Jadi Percontohan Nasional

"Posko siaga ini memang akan kita buat untuk memberikan respon cepat saat terjadinya kondisi ekstrim. Tapi Alhamdulillah karena Bapak Bupati juga menginginkan hal demikian sebagai bentuk kesiagaan kami," terangnya.

Lebih lanjut Iksan mengatakan, posko bencana ini didirikan di pelataran Kantor Damkar dan Kantor BPBD Gowa untuk di wilayah dataran rendah. Sementara di wilayah dataran tinggi dibentuk di dua kecamatan masing-masing di Kantor Kecamatan Tinggimoncong, dan Kantor Kecamatan Bungaya. Posko ini berisi tenda, perahu karet, alat kesehatan hingga bahan-bahan logistik dasar lainnya.

"Posko ini sebagai tempat dan sumber informasi bagi masyarakat dalam mengupdate kondisi cuaca. Kami telah menyiapkan tim yang akan menjaga posko secara bergantian untuk memberikan tindakan cepat," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto