Santriwati Dirujuk ke Rumah Sakit akibat Keracunan Bertambah Jadi 60 Orang

Nasruddin Rubak ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 17:45 WIB
Santriwati Dirujuk ke Rumah Sakit akibat Keracunan Bertambah Jadi 60 Orang
BPOM melakukan sidak di dapur umum Ponpes Modern Datuk Sulaiman Palopo. (Foto: iNews/Nasrudin Rubak).

PALOPO, iNews.id - Jumlah santriwati yang dirujuk ke rumah sakit akibat keracunan makanan di Pondok Pesantren Modern Datuk Sulaiman, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), bertambah menjadi 60 orang. Sebelumnya hanya 40 orang yang diprioritaskan mendapat perawatan medis.

Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardi Yusuf mengatakan, hingga Rabu (15/1/2020) malam ada 43 santriwati yang sudah dilarikan ke rumah sakit. Namun pada Kamis (16/1/2020) jumlahnya bertambah.

"Bertambah sekitar 20-an orang yang dilarikan ke rumah sakit," kata Ardi kepada wartawan di Ponpes Modern Datuk Sulaiman, Kota Palopo, Sulsel.

BACA JUGA: Dalami Penyebab Ratusan Santriwati di Palopo Keracunan, Polisi Ambil Sampel Makanan

Menurut dia, saat ini polisi masih menyelidiki dugaan kasus keracunan tersebut. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, BPOM dan Dinas Pendidikan Kota Palopo.

"Para korban saat ini ada di rumah sakit, dan sebagian lagi di puskesmas," ujar dia.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Palopo, Juita Talibe mengatakan, pihaknya bersama BPOM sudah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dapur umum ponpes dan mengambil sampel makanan serta air minum yang dikonsumsi para korban.

BACA JUGA: Ratusan Santriwati di Palopo Keracunan usai Menyantap Makan Malam

"Sudah diambil sampel makanan yang tersisa di dapur dan bahan makanan mentah. Kami juga ambil air, namun harus menunggu 1x24 jam," ujarnya.

Sebelumnya, ratusan santriwati di Ponpes Modern Datuk Sulaiman Palopo mengalami keracunan makanan usai santap makan malam. Para korban mengaku merasa mual, muntah, sesak napas hingga pingsan diduga akibat makanan yang disajikan pihak pondok.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal