RSUP Sanglah Denpasar Tangani 2 Wisatawan Asing Suspect Virus Korona

Antara ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 18:25 WIB
RSUP Sanglah Denpasar Tangani 2 Wisatawan Asing Suspect Virus Korona
RSUP Sanglah Denpasar Bali. (Foto: Dok).

DENPASAR, iNews.id - RSUP Sanglah Denpasar menangani dua orang wisatawan asing yang menjadi suspect virus Korona. Para pasien sementara ini dalam kondisi stabil dan tidak ditemukan masalah signifikan.

"Namun mereka belum dipastikan terjangkit virus Corona, baru suspect," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, dr I Ketut Sudartana, kepada wartawan di Kota Denpasar, Bali, Jumat (24/1/2020).

BACA JUGA: 1 Turis di Bali Dinyatakan Negatif Terjangkit Virus Corona

Untuk memastikan kondisi mereka, pihak rumah sakit sudah melakukan pemeriksaan swipe, dan hasilnya telah dikirim je Jakarta. Sambil menunggu, para pasien dirawat sebagai observasi tim dokter terlebih dahulu.

Sebelumnya, ada tiga orang yang suspect virus Korona. Namun dari hasil laboratorium, salah satu dari mereka negatif terjangkit wabah penyakit tersebut.

"Hasil lab untuk satu pasien sudah keluar, hasilnya negatif," ujar dia.

Tiga orang pasien tersebut merupakan wisatawan asing. Dua di antaranya dari Cina dan satu orang dari Meksiko, namun sempat lama menetap di negara Cina sebelum ke Bali.

BACA JUGA: Virus Corona Diduga Berasal dari Kelelawar, Warga Manado Tetap Doyan Santap Paniki

Dia mengimbau, wisatawan di Bali yang merasakan keluhan kesehatan, dianjurkan untuk segera mendatangi tempat layanan kesehatan, mulai dari Puskesmas dan RS swasta.

RSUP Sanglah Denpasar, kata dia, sudah menyiapkan diri untuk menangani pasien terjangkit virus Korona. Pihak rumah sakit memiliki tim medis khusus, di antaranya dokter spesialis, tenaga kesehatan, dan ruang isolasi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal