Rampingkan Tenaga Honorer, Pemprov Sulsel Gelar Uji Kompetensi

Antara · Kamis, 21 April 2022 - 16:59:00 WITA
Rampingkan Tenaga Honorer, Pemprov Sulsel Gelar Uji Kompetensi
Pelaksanaan uji kompetensi pada tenaga honorer di ruang lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel. (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melakukan perampingan terhadap tenaga honorer yang jumlahnya mencapai 11.425 orang. Perampingan tenaga honorer tersebut diawali dengan uji kompetensi yang berlangsung sejak Senin (18/4/202.

Uji kompetensi dilakukan guna melakukan pemetaan kepada belasan ribu tenaga non ASN tersebut.

"Tahun ini kita lakukan pemetaan, atau profiling terhadap standar kompetensi non ASN kita yang selama ini sudah mengabdi di Pemprov. Kita lihat bagaimana potretnya," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Imran Jausi di Makassar, Rabu (20/4/2022).

Imran mengatakan kegiatan ini dilakukan juga sebagai antisipasi jika tahun depan pemerintah benar-benar menghapus tenaga honorer.

"Kenapa ini penting, karena bagian dari persiapan jika sekiranya pemerintah pusat itu betul-betul ingin menghapus non ASN," lanjut Imran.

Lebih lanjut Imran menilai istilah penghapusan honorer dinilai kurang tepat. Menurutnya Pemprov Sulsel menyebut sebagai pengalihan status dari honorer menjadi tenaga outsourcing atau tenaga alih daya.

Jika status tenaga alih daya telah berlaku, maka Pemprov Sulsel akan menggunakan pihak ke tiga untuk menghitung kebutuhan pegawai.

Editor : Dita Angga Rusiana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: