Pulau Lajukang Makassar Akan Jadi Tempat Wisata Baru, Disiapkan Anggaran Rp4,2 Miliar

Antara ยท Minggu, 27 September 2020 - 07:50 WITA
Pulau Lajukang Makassar Akan Jadi Tempat Wisata Baru, Disiapkan Anggaran Rp4,2 Miliar
Peninjauan Pulau Lajukang Makassar. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, ingin menata Pulau Lajukang di Kota Makassar sebagai tempat wisata yang baru. Anggaran yang disiapkan untuk pembenahan di tahun ini sebesar Rp4,2 miliar.

Nurdin mengatakan, pulau tersebut punya potensi karena keindahannya, karena itu perlu penataan ulang. Keberadan destinasi wisata di tempat tersebut akan membantu perekonomian masyarakat.

"Masyarakat akan diberdayakan dan dilibatkan untuk mengelola tempat ini. Tapi mereka akan diberi pelatihan dan keterampilan lebih dulu," kata Nurdin di Kota Makassar, Sulsel, Sabtu (26/9/2020).

Pemerintah daerah, kata dia, akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk penyiapan dan penataan pulau. Di antaranya listrik 24 jam, air bersih, sistem transportasi dan jaringan telekomunikasi.

Sementara itu Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin, menyebutkan penataan kawasan pulau ini sebagai percontohan pulau wisata merupakan kolaborasi pemerintah.

"Ini merupakan inisiasi gubernur untuk memperhatikan masyarakat-masyarakat pulau yang memang kalau kita lihat selama ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah," ujarnya.

Dia mengatakan, sejumlah rencana pembangunan fasilitas di pulau itu antara lain, pusat informasi, pelataran UKM portabel, ruang komunal, jalan 1,5 km keliling pulau, dan resort 20 unit.

Lalu pembangunan 50 unit gazebo, sport center, kebun warga, lapangan, fasilitas air siap minum, genset, ruang produksi warga, dua toilet, sekolah jantung inspirasi, instalasi pengelolaan air bersih (IPAL), dan lampu pedesterian jalan 100 titik.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal