Protes, Warga Kirimkan Paket Berisi Kotoran Sapi ke DPRD Palopo

Nasruddin Rubak ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 11:45 WIB
Protes, Warga Kirimkan Paket Berisi Kotoran Sapi ke DPRD Palopo
Paket untuk DPRD Kota Palopo berisi kotoran sapi. (Foto: iNews/Nasruddin Rubak).

PALOPO, iNews.id - Warga di Kota Palopo mengirimkan paket kotoran sapi ke Gedung DPRD sebagai hadiah dari masyarakat. Mereka protes karena permukiman mereka menjadi kumuh karena ulah peternak yang lalai melepasliarkan sapi-sapinya.

Paket berisi kotoran sapi ini diterima langsung Ketua DPRD Kota Palopo, Nuhaeni. Warga bernama Isnul yang tinggal di perumahan BTN Merdeka, Kelurahan Salekoe, Kecamatan Wara Timur, mengantarkan langsung hadiah tersebut untuk para anggota dewan.

"Tujuan saya untuk mengingatkan kepada anggota DPRD bahwa telah terjadi pelanggaran perda di lingkungan kami," kata Isnul di ruang kerja Ketua Nurhaeni, Gedung DPRD Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (29/1/2020).

Paket kotoran sapi tersebut langsung diserahkan kepada ketua dprd yang dibungkus dengan streofoam. Menurut dia, warga di sana resah dengan aroma dari kotoran dan kencing sapi. Mereka berharap anggota dewan bisa bertindak tegas.

Menurut Isnul, warga sudah pernah protes ke DPRD Palopo pekan lalu. Namun hingga kini belum ada juga responsnya, sehingga dia memutuskan untuk mendatangi langsung para anggota dewan.

"Tadi ini saya diterima langsung Ketua DPRD, Ibu Nurhaeni," ujar dia.

Aturan yang dilanggar sejumlah peternak, kata dia, yakni Peraturan Daerah (Perda) No 7 Tahun 2019 tentang Penanganan Ternak. Sebab, banyak sapi yang berkeliaran di permukiman warga, dan malah membuat resah penduduk setempat.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palopo, Nurhaeni mengatakan, berjanji akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membuat pengawasan hewan ternak di wilayah tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal