Profil Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Kepala Daerah Perempuan Pertama di Sulsel

Faqihah Husnul Khatimah ยท Jumat, 09 September 2022 - 18:21:00 WITA
Profil Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Kepala Daerah Perempuan Pertama di Sulsel
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani

JAKARTA, iNews.id – Profil Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani patut dijadikan inspirasi bagi kaum perempuan. Sebabnya, Indah didapuk sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai kepala daerah di provinsi Sulawesi Selatan.

Indah Putri Indriani, bersama wakilnya Suaib Mansur dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara periode 2021-2026 oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Jumat (26/2/2021). 

Saat ini, Indah terhitung menjalankan periode keduanya sebagai bupati setelah sebelumnya pernah menjabat pada tahun 2016-2021. Sekaligus menorehkan sejarah dua kali sebagai bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan.

Indah Putri Indriani memperoleh 80.078 suara dari 13 kecamatan di Kabupaten Luwu Utara. Ia Menang telak dari pesaingnya, yaitu Muhammad Thahar Rum-Rahmat Laguni (MTR-RL) dan Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS) yang hanya memperoleh kemenangan masing-masing di 1 kecamatan saja.

Berikut profil Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani:

Pernah jadi akademisi

Hj. Indah Putri Indriani, S.IP.,M.Si. Indah Putri Indriani lahir di Jayapura, 07 Februari 1977. Indah sempat bersekolah di SDN No. 178 Bone-Bone dan SMP-SMA Pesantren Moderen Datok Sulaiman Palopo. Kemudian, dia melanjutkan ke bangku perkuliahan S1 di Universitas Hasanuddin Makassar dan S2 di Universitas Indonesia.

Setelah menempuh pendidikan S2, Indah memulai karir menjadi seorang akademisi. Dia pernah menjadi staf pengajar S1 dan program ekstensi di FISIP Universitas Indonesia (2002-2010). Indah juga mengajar dengan peminatan yang sama di dua universitas lainnya, yaitu Universitas Bung Karno (2000-2010) dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (2003-2010).

Selain itu, pada tahun 2005-2009, Indah menjadi tenaga ahli Komisi II DPR RI di bidang Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah. Hal itu menjadi batu loncatan pertamanya mencalonkan diri dan terpilih sebagai Wakil Bupati Luwu Utara (2010-2015).

Raih beberapa penghargaan

Indah Putri Indriani telah bersuami dan memiliki dua orang putri. Sang suami adalah Muhammad Fauzi yang menjabat sebagai anggota DPR RI (2019-2024) dan Pengurus DPP Partai Golkar Luwu Utara (2019-2024).

Selama menjabat, Indah Putri Indriani juga telah memperoleh banyak penghargaan bagi daerah yang dipimpinnya, di antaranya Kabupaten Cukup Predikat HAM, Menteri Hukum & HAM RI (2018), Predikat Kepatuhan Tinggi 2019 terhadap Standar Pelayanan Publik, Ombudsman (2019), Penghargaan Kabupaten Layak Anak Madya (2019-2021), dan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Madya (2021).

Indah memiliki berbagai inovasi yang sangat membantu pelayanan publik, salah satunya adalah Getar Dilan (Gerakan Tanam Sayur di Lahan Pekarangan) yang masuk Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). 

Berkat inovasi ini, Indah Putri Indriani mendapatkan penghargaan Teraskata Awards sebagai Kepala Daerah Inspiratif Bidang Penerapan Inovasi Daerah 2022.

Sempat viral gunakan motor trail salurkan bantuan

Pada tahun 2020, Indah juga sempat viral di media sosial karena aksinya menaiki motor trail menembus medan yang sulit dan berlumpur. 

Dia mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk membagikan bantuan ke desa terpencil di Kecamatan Seko. Indah ingin memastikan bahwa bantuan itu tepat sasaran, meski harus menempuh waktu sembilan jam melewati jalanan rusak dan berkubang.

Itulah dia profil Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani yang membuktikan bahwa perempuan juga bisa tampil memimpin daerah.

Editor : Candra Setia Budi

Bagikan Artikel: