Pria Mengaku ASN Damkar yang Diduga Menipu Instansi Pemda Ditangkap

Faisal Mustafa ยท Selasa, 20 Juli 2021 - 15:55:00 WITA
Pria Mengaku ASN Damkar yang Diduga Menipu Instansi Pemda Ditangkap
Pelaku berinisial IS diamankan polisi. (Foto: Sindonews).

MAKASSAR, iNews.id - Polisi menangkap pria berinisial IS (39) yang diduga melakukan penipuan dengan mengaku sebagai aparatur sipil negara (ASN) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar. Pelaku sudah beraksi di berbagai instansi dan lembaga pendidikan.

IS diamankan di Jalan Veteran Utara, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (19/7/2021). Penangkapan ini atas laporan dari Plt Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin.

Kanit Reskrim Polsek Ujung Pandang, Iptu Pandu Harikusuma menjelaskan, IS merupakan warga Jalan Toddopuli, Kecamatan Manggala. Dia mengatasnamakan petugas resmi dari Damkar Makassar ke beberapa kantor instansi pemerintah dan swasta.

"Yang bersangkutan mengaku sebagai ASN dari Dinas Damkar Makassar yang ditugaskan untuk memeriksa alat proteksi pemadam kebakaran atau APAR, lalu menukar tabung tersebut dengan harga bervariasi," kata Iptu Pandu, Selasa (20/7/2021).

Modus penangkapan ini dengan cara memancing IS. Anggota berpura-pura memesan dua APAR kemudian diminta bertemu di Jalan Veteran Utara.

"Di sana kami meringkusnya bersama sejumlah barang bukti," ujarnya.

Dia menyatakan dalam penangkapan tersebut, pihaknya juga menyita barang bukti seperti stempel palsu Damkar Makassar, kwitansi berlogo Damkar palsu, baju kaos berlogo Damkar dengan pin ASN.

"Jadi yang bersangkutan ini pecatan ASN," ujar dia.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku mematok tarif mulai Rp450.000 - Rp1 Juta sekali pergantian. Namun untuk motif dan siapa saja korbannya masih didalami.

Kini IS masih menjalani proses hukum lanjutan di Mapolsek Ujung Pandang. Pandu juga meminta masyarakat yang merasa pernah tertipu oleh IS agar melapor ke polisi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal