PPKM Level 4 di Makassar, Aparat Keamanan Diminta Bersikap Tegas dan Humanis

Ashari Prawira · Senin, 26 Juli 2021 - 11:16:00 WITA
PPKM Level 4 di Makassar, Aparat Keamanan Diminta Bersikap Tegas dan Humanis
Danny Pomanto saat sidak ke Lego-Lego kawasan CPI Makassar. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Aparat keamanan diminta menertibkan warga secara tegas dan humanis saat penerapan PPKM level 4 di Kota Makassar dan sejumlah daerah lainnya di Sulawesi Selatan (Sulsel). Kasus pemukulan satpol PP terhadap pemilik kafe di Kabupaten Gowa jangan sampai terulang.

"Tegas dalam menerapkan aturan, tetapi tetap humanis dalam memperlakukan masyarakat," kata Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, Minggu (25/7/2021).

Dia berharap, tidak ada warga yang merasa disakiti dan dikesampingkan. Karena itu, petugas harus bisa mengedepankan tindakan persuasif kepada masyarakat. Bukan bersifat keras, apalagi sampai bentrok.

Terkait penertiban pedagang nakal, kata dia, jangan sampai merusak. Sebab barang-barang ini dibeli dari uang modal mereka yang berjualan. Karena itu pendekatannya harus humanis.

Sebelumnya Pemerintah Kota Makassar resmi menerapkan kebijakan PPKM level 4 mulai hari ini, Senin (26/7/2021). Alasannya karena kasus Covid-19 di daerah tersebut semakin meningkat.

PPKM level IV diterapkan setelah keluar edaran perpanjangan PPKM Mikro berakhir Minggu, (25/7/2021). Regulasi aturan yang baru ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Wali Kota Makassar, Ramdhan (Danny) Pomanto mengatakan, sebagian besar dari regulasi yang ditetapkan pusat tidak berbeda jauh dengan penerapan sebelumnya.

"Misalnya restoran yang buka (layanan antar/bawa pulang) tetap 24 jam. Sama sebenarnya, cuma memang ada pengetatan, tidak terlalu banyak bedanya, waktu oranye sama level IV ini," kata Danny Pomanto.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal