Polisi Tetapkan 2 Tersangka Perusakan Pipa Pamsimas Jeneponto

Sulaiman Nai · Rabu, 25 November 2020 - 16:25:00 WITA
Polisi Tetapkan 2 Tersangka Perusakan Pipa Pamsimas Jeneponto
Polisi mendatangi TKP perusakan pipa pamsimas Jeneponto. (Foto: iNews/Sulaiman Nai).

JENEPONTO, iNews.id - Polisi menetapkan dua tersangka pelaku perusakan pipa Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kampung Bontomanai, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel). Namun keduanya tidak diamankan karena kasusnya berujung damai.

Kapolres Jeneponto, AKBP Yuda Kesit Dwijayanto mengatakan, ada dua tersangka atas nama Mappa dan Halim, warga Kabupaten Gowa. Namun mereka belum diamankan karena Bupati Jeneponto dan Gowa mengusulkan damai atas kasus tersebut.

"Para bupati ingin damai," kata AKBP Yuda di Kabupaten Jeneponto, Sulsel, Rabu (25/11/2020).

Sementara itu Kepala Desa Ujungbulu, Mansyur mengatakan, perdamaian itu sudah lama menjadi wacana di masyarakat. Namun pihak terduga pelaku tidak merespons.

"Sebenarnya perdamaian itu sudah lama kita wacanakan namun tidak direspon, sudah ditetapkan tersangka baru minta damai," ujarnya.

Mansyur mengaku bingung dengan usulan damai dari para kepala daerah ini. Sebab yang menjadi korban sebenarnya masyarakat di Desa Ujungbulu.

Proyek Pamsimas merupakan program pemerintah untuk memfasilitasi kebutuhan air bersih masyarakat. Namun para pelaku merusak pipa, mulut bak, kayu dan batu.

Kasus tersebut terjadi pada Maret 2019 lalu. Namun hampir satu tahun lebih tidak ada upaya hukum dari kepolisian hingga akhirnya kedua terduga pelaku ditetapkan sebagai tersangka baru-baru ini.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal