PMI Makassar dan Palu Kirim Bantuan Logistik dan Relawan untuk Korban Gempa Sulbar

Muhammad Nur Bone · Jumat, 15 Januari 2021 - 17:25:00 WITA
PMI Makassar dan Palu Kirim Bantuan Logistik dan Relawan untuk Korban Gempa Sulbar
Petugas PMI siap kirimkan logistik ke wilayah terdampak gempa bumi di Sulbar. (Foto: iNews/M Nur Bone).

MAKASSAR, iNews.id - Palang Merah Indonesia (PMI) dari Kota Makassar dan Palu mengirimkan sejumlah bantuan logistik dan relawan untuk korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar). Selain itu ada sejumlah peralatan yang bisa dimanfaatkan untuk penanganan darurat.

Bantuan yang dikirimkan PMI tersebut berupa family kit, selimut, makanan dan obat-obatan serta peralatan sanitasi air. PMI juga mengirimkan relawannya yang terdiri dari dua orang personel satgana dari markas PMI Sulsel dan 10 dokter dari Unhas Makassar.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengatakan, telah menggerakkan PMI dan sejumlah relawan dari Markas PMI Makassar dan Palu untuk melaksanakan operasi penanganan darurat. 

"Kita merasa berduka lagi atas bencana gempa dan banjir yang menimpa Mamuju dan sekitarnya di Sulbar," kata Kalla di Kota Makassar, Sulsel, Jumat (15/1/2021).

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada enam kali gempa susulan setelah gempa utama berkekuatan magnitudo 6,2 di Majene, Sulawesi Barat pada Jumat dini hari pukul 01.28 WIB atau 02.28 WITA.

Gempa bumi tersebut dilaporkan menewaskan 34 warga di Kabupaten Majene. Sebanyak ribuan kepala keluarga (KK) mengungsi terdampak gempa tersebut.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal