Peringati Hari Kopi Nasional, Wabup Bulukumba Ngopi Bareng Para Pejabat di Gunung Donggia

Sindonews, Eky Hendrawan ยท Kamis, 12 Maret 2020 - 17:35:00 WITA
Peringati Hari Kopi Nasional, Wabup Bulukumba Ngopi Bareng Para Pejabat di Gunung Donggia
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto saat peringatan Hari Kopi Nasional di Gunung Donggia. (Foto: Sindonews).

BULUKUMBA, iNews.id - Para pejabat daerah di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), ngopi bareng di Gunung Donggia pada Rabu (11/3/2020). Mereka menikmati Kopi Kahayya yang menjadi minuman khas di wilayah tersebut.

Kegiatan ini diinisiasi Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bulukumba. Dalam kegiatan ini, hadir juga Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, dan anggota DPRD Fahidin HDK.

Mereka ngopi bareng di gunung yang memiliki ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Terletak 40 km arah barat dari pusat kota Bulukumba, tepatnya di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang.

"Kampanye pemerintah daerah terhadap Kopi Kahayya baru sekitar 3-4 tahun terakhir. Dilakukan dengan pembukaan akses ke lokasi kopi Kahayya," kata Tomy kepada wartawan, Kamis (12/3/2020).

Terhadap kopi kata dia, ada dua hal yang menjadi tugas dinas dan para penyuluh. Yaitu, lahan kopi harus meningkat dan peremajaan pohon kopi harus tetap dilakukan.

"Penyuluh harus perhatikan dua hal tersebut biar kopi di Bulukumba khususnya di Kahayya tetap menjadi lumbung produksi kopi di daerah tersebut," ujar dia.

Menurut dia, warga Bulukumba tentu bangga bangga dengan cita rasa kopi Kahayya. Dia ingin ke depannya ada peningkatan kualitas. Selain itu produksi terus ditambah dan kemasan disempurnakan.

Kepala DTPHP Emil Yusri meminta peran aktif penyuluh pertanian untuk lebih giat melakukan upaya peningkatan pembaharuan pohon kopi yang sudah tua. Penyuluh juga diminta untuk senantiasa mengajak petani lebih produktif.

"Ke depan penyuluh mesti lebih aktif lagi dan memastikan produksi kopi di Bulukumba ke depan jauh lebih berkualitas dan kuantitasnya pun meningkat," kata Yusri.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal