Perahu Rombongan Pengantin Tujuan Pangkep - Sumenep Terdampar di Pulau Kosong

Okezone, Herman Amiruddin ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 17:15 WITA
Perahu Rombongan Pengantin Tujuan Pangkep - Sumenep Terdampar di Pulau Kosong
Kapal berada di sekitar pulau tak berpenghuni. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Kapal rombongan pengantin asal Pulau Sapuka, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel), sebelumnya dilaporkan hilang, diduga tenggelam di perairan Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur (Jatim), ternyata terdampar di pulau kosong. Beruntung seluruh penumpag dan ABK ditemukan selamat.

Kapolsek Liukang Tangaya, AKP Supriyadi mengatakan, rombongan pengantin yang berangkat dari Pulau Sapuka hendak menuju ke Pulau Sapeken Madura itu kini berada di pulau kosong, Desa Satanger, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Kepulauan Pangkajene.

"Mereka terdampar di sekitar Pulau Satanger d situ pulau tak berpenghuni," kata Supriyadi kepada wartawan di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (25/2/2020).

Menurut dia, kapal sempat mengalami mati mesin saat berada di sekitar pulau tersebut. Lalu, terbawa arus gelombang pasang dan akhirnya terdampar di sana.

Para penumpang serta ABK kapal antara lain, Jamik (33) sebagai nahkoda, Rijau (52), Hauwa (50), Firman (26), Sailan (15), Hasiana (21), Pati (48), Suleman (30) dan Baco (51).

Dari konfirmasi nahkoda kamal, Jamik, mereka sementara menetap di pulau tersebut karena cuaca buruk. Mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan sementara waktu karena gelombang tinggi dan angin kencang di perairan Laut Sulawesi.

Sebelumnya, kapal yang mengangkut rombongan pengantin dari Pangkep menuju Sumenep dilaporkan hilang pada Minggu (24/2/2020) di perairan Pulau Sapeken. Setelah dilakukan pencarian, kapal dan para korban tak kunjung ditemukan oleh tim SAR gabungan.

Kabar terakhir dari Basarnas Makassar, kapal rombongan tersebut berada di sebuah pulau Kabupaten Kepulauan Pangkajene. Mereka terdampar dan tidak bisa melanjutkan perjalanan karena cuaca buruk.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal