Penggunaan Anggaran Irit, Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sulsel Tertinggi

Muhammad Arham Hamid ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 11:50 WIB
Penggunaan Anggaran Irit, Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sulsel Tertinggi
Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah saat menjemput ratusan santri dari Jatim di Bandara Sultan Hasanuddin, Kota Makassar, Rabu (15/04/20220). (Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, mengklaim tingkat kesembuhan pasien Covid-19 Sulsel paling tinggi dari seluruh provinsi se-Indonesia. Selain itu penggunaan anggaran untuk penanganan dan pencegahannya dinilai paling irit.

"Kalau kita lihat dari segi keuangan, kita juga paling irit karena kita tidak hambur-hambur uang untuk beli alat kesehatan," kata Nurdin saat dikonfirmasi, Selasa (28/7/2020).

Menurut dia, hal ini terungkap saat menggelar ratas bersama 24 gubernur se-Indonesia. Hampir semua kepala daerah tersebut mengeluhkan masalah anggaran yang terkuras akibat pandemi virus corona.

"Tapi Sulsel Alhamdulillah kita kelola dengan baik. Pendapatan kita dari tahun lalu justru naik sedikit," ujar dia.

Selain itu, Nurdin Abdullah menjelaskan, kenaikan angka positif di Sulsel disebabkan massifnya rapid test, PCR dan tes swab yang dilakukan tim medis dari provinsi dan kabupaten/kota.

"Semakin banyak kita melakukan tes maka semakin masif kita mendapatkan penyebaran virus di masyarakat. Maka semakin banyak masyarakat yang kita selamatkan," ujar dia.

Dia mengklaim, tingginya kasus di Sulsel disebabkan masifnya upaya pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19. Tracing contact dan rapid test dilakukan secara serius.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal