Patroli Uji Coba PSBB di Gowa, Oknum Polisi Terjaring Kumpul dengan Warga Tanpa Masker

Bugma ยท Sabtu, 25 April 2020 - 06:05 WIB
Patroli Uji Coba PSBB di Gowa, Oknum Polisi Terjaring Kumpul dengan Warga Tanpa Masker
Tim gabungan mengimbau oknum polisi dan warga yang berkumpul tanpa masker agar segera membubarkan diri saat patroli PSBB di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel, Jumat (25/4/2020) malam. (Foto: iNews/Bugma)

GOWA, iNews.id – Aparat gabungan Polri, TNI, dan Satpol PP menggelar patroli uji coba pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat malam (24/4/2020). Ironisnya, seorang oknum polisi berpakaian dinas lengkap ikut terjaring tengah berkumpul dengan warga tanpa memakai masker.

Padahal, oknum polisi tersebut seharusnya mengingatkan warga agar menerapkan physical distancing atau menjaga jarak aman untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Kemudian, menggunakan masker jika sedang beraktivitas di luar rumah.
 
Tim gabungan pun langsung mengimbau oknum polisi bersama warga yang tengah berkumpul tersebut untuk segera membubarkan diri. Mereka juga diingatkan agar memakai masker saat berada di jalan atau di luar rumah.

Selain itu, aparat gabungan dari Polres Gowa, TNI, dan Satpol PP juga melanjutkan patroli. Mereka mengimbau warga agar tidak berkerumun dan selalu memakai masker di sepanjang jalan di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Aparat gabungan juga membubarkan sejumlah warga yang bermain kartu dan berkumpul di sejumlah warung kopi. Selain tidak menjaga jarak satu sama lain, warga tersebut juga tidak menggunakan masker. Tindakan mereka berpotensi menyebabkan penyebaran virus corona meluass.
 
Kanit Turjawali Sabhara Polres Gowa Ipda Anwar mengatakan, patroli gabungan ini dilakukan petugas secara rutin untuk menekan penyebaran virus corona. Apalagi Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, merupakan wilayah penyebaran terbanyak kasus Covid-19.

Hingga kini, jumlah pasien terinfeksi Covid-19 di Kecamatan Somba Opu mencapai 145 orang. Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 67 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 59 orang dan pasien positif 19 orang.
 
“Kami melaksanakan patroli tiap malam secara terpadu untuk mengimbau kepada warga agar selalu menggunakan masker. Kepada warga yang berkumpul kami imbau agar segera pulang ke rumah masing-masing, terutama yang tidak menjaga jarak,” kata Ipda Anwar.

Dia menambahkan, jelang pemberlakuan PSBB di Kabupaten Gowa yang akan mulai diterapkan pada Rabu pekan depan (29/4/2020), aparat gabungan akan terus melakukan patroli. Petugas juga menyosialisasikan PSBB agar warga patuh dengan aturan pemerintah yang diterapkan guna memutus rantai penyebaran virus corona.


Editor : Maria Christina