Panglima TNI: Tim Penyelam Temukan Titik Terang Evakuasi Korban Pesawat Sriwijaya

Andi Mohammad Ikhbal ยท Minggu, 10 Januari 2021 - 13:10:00 WITA
Panglima TNI: Tim Penyelam Temukan Titik Terang Evakuasi Korban Pesawat Sriwijaya
Serpihan diduga pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan Prajurit TNI Angkatan Udara (AU). (Foto: istimewa)

MAKASSAR, iNews.id - Tim pencari menemukan titik terang setelah mendapati sejumlah barang dan puing-puing diduga dari Pesawat Sriwijaya di Perairan Kepulauan Seribu. Barang-barang tersebut berada di kedalaman air. 

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menyampaikan bahwa tim penyelamat dari KRI Rigel menginformasikan hal tersebut dan langsung ditindaklanjuti Kopaska TNI AL. 

"Mudah-mudahan dari apa yang ditemukan ini bisa kita kembangkan dan kami yakin bahwa di situlah titik yang diperkirakan jatuhnya pesawat," Marsekal Hadi dalam jumpa pers, Minggu (10/1/2021).

Menurut dia, sejumlah puing tersebut yakni, life vest jacket, warna bagian dari pesawat dan bagian registrasinya. Dia berharap tim dapat mengetahui pasti posisi pesawat di dalam air dan mengevakuasinya.

Sebelumnya tim penyelam dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut menemukan bagian tubuh diduga korban jatuhnya Pesawat Sriwijaya di perairan Kepulauan Seribu. Organ-organ tersebut diangkat dari kedalaman 17-20 meter.

Penemuan ini didapati tim penyelam, Minggu (10/1/2021) pukul 09.40 WIB di dalam air Laut Jakarta. Bagian tubuh itu tercampur dengan beberapa potongan puing-puing pesawat.

"Masih banyak potongan di bawah air," kata Dankima Satkopaska Koarmada I, Mayor Laut (P) Edy Tirtayasa, saat mengangkat potongan puing dari bawah air.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal