Operasi Patuh di Jeneponto, Polisi Temukan Sopir Simpan Parang di Dalam Mobil

Sulaiman Nai ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 08:25 WIB
Operasi Patuh di Jeneponto, Polisi Temukan Sopir Simpan Parang di Dalam Mobil
Polisi amankan parang saat operasi patuh di Jeneponto. (Foto: iNews/Sulaiman Nai).

JENEPONTO, iNews.id - Satlantas Polres Jeneponto mulai menggelar Operasi Patuh pada Kamis (23/7/2020) kemarin. Dalam kegiatan tersebut petugas mendapati seorang pengendara membawa senjata tajam jenis parang di dalam mobilnya.

Data yang dihimpun iNews, saat razia di Jalan Pahlawan Bontosunggu, polisi menindak 22 pelanggar, enam di antaranya mendapat sanksi tilang, sementara 16 orang hanya disanksi teguran.

"Dalam operasi ini, kita juga memeriksa kendaraan dan barang bawaan korban. Jangan sampai ada yang membawa benda-benda yang seharusnya mereka tidak perlu bawa," kata Kabag Ops Polres Jeneponto, Kompol M Thamrin, di Kamis sore.

Dia membenarkan, ada seorang pengemudi yang sempat membawa parang panjang di dalam kendaraan mobil pikap miliknya. Dalihnya, untuk berjaga diri bila ada aksi kriminalitas di jalan.

Parang tersebut kemudian diamankan petugas, sementara sopir yang membawa senjata tajam ini diizinkan melanjutkan perjalanan. Dia meminta warga tidak sembarangan membawa benda-benda berbahaya.

"Dalam operasi ini, pola yang kami pakai itu edukasi, pembinaan dan penindakan. Jadi tidak semua kami langsung berikan sanksi tilang," ujar dia.

Selain memeriksa dokumen dan kelengkapan berkendara, petugas Satlantas Polres Jeneponto juga mengedukasi warga yang melintas untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Di antaranya memakai masker saat berkendara," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal