Nikahi Anak Usia 12 Tahun, Suami Korban Pencabulan di Pinrang Jadi Tersangka

Ichsan Anshari ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 11:10 WIB
Nikahi Anak Usia 12 Tahun, Suami Korban Pencabulan di Pinrang Jadi Tersangka
Polisi memeriksa suami korban pencabulan. (Foto: iNews/Ichsan Anshari).

PINRANG, iNews.id - Polisi menetapkan suami dari korban pencabulan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai tersangka. Sebab pelaku telah menikahi anak yang masih di bawah umur.

Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Dharma Negara mengatakan, suami korban berinisial BHR ditetapkan tersangka karena dinilai melanggar Pasal 288 KUHP, menikah atau kawin dengan anak di bawah umur.

"Dalam pasal ini disebut korban ini belum waktunya kawin," kata AKP Dharma di Polres Pinrang, Selasa (28/7/2020).

Dia membenarkan, pernikahan korban NF dan BHR dilakukan secara siri. Sebab korban baru berusia 12 tahun, sementara tersangka yang merupakan suaminya sudah berusia 44 tahun.

AKP Dharma mengatakan, meski ditetapkan sebagai tersangka, namun polisi tidak menahan BHR. Sebab dia merupakan penyandang disabilitas dan dinilai kooperatif dalam menjalani pemeriksaan.

"Kami tidak melakukan penahanan terhadap tersangka. Kami juga akan meminta tim ahli untuk mendalami kasus ini sebelum berkasnya kami serahkan ke pengadilan," kata dia.

Sebelumnya pernikahan beda usia 32 tahun ini pun menghebohkan jagat maya. Dari foto-foto yang beredar luas di media sosial. Keduanya diketahui sempat menjalani hubungan dekat selama lima bulan terakhir.

Setelah ditelusuri, barulah ditemukan fakta bahwa NS merupakan korban pencabulan ayah tirinya, sehingga bersedia segera dipersunting oleh BHR. Sedangkan ayah tiri korban kini sudah diamankan petugas.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal