Ngeri, Warga Makassar Pelihara Buaya Seberat 1 Ton dalam Rumah

Wahyu Ruslan ยท Sabtu, 29 Februari 2020 - 11:57 WIB
Ngeri, Warga Makassar Pelihara Buaya Seberat 1 Ton dalam Rumah
Arthen saat memberi makan buaya bernama Puang Baso yang menjadi hewan peliharannya. (Foto: iNews/Wahyu Ruslan)

MAKASSAR, iNews.id – Arthen Puang Baso memiliki hobi ekstrem pelihara hewan buas. Warga Kelurahan Daya, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini sudah 14 tahun memelihara buaya yang kini beratnya mencapai 1 ton dan panjang 5 meter.

Arthen mengaku ketertarikannya memelihara hewan buas ini karena hobi untuk menyeimbangkan emosi. Sekaligus juga untuk menyelamatkan buaya tersebut dan menunjukkan rasa sayangnya.

 

“Saya menerima buaya ini dari orang pada 2006 silam dan mulai mengadopsinya. Sejak itu saya rawat sampai sekarang. Dari masih kecil, panjangnya kira-kira dua meter hingga kini sudah sekitar lima meteran,” ujarnya di Makassar, Sabtu (29/2/2020).

Biaya yang dikeluarkannya untuk perawatan dan makan buaya tersebut pun tak sedikit. Seminggu sekali, Arthen berbelanja di pasar tradisional membeli ayam potong untuk makanan buaya. Per ekor dia harus mengeluarkan Rp60.000.

“Sekali makan itu 4-5 ekor kalau diberi ayam jumbo. Kalau ayam biasa bisa 7-8 ekor. Saya beri makannya seminggu sekali tiap akhir pekan,” katanya.

Menurutnya, usia buaya peliharannya itu kini sudah sekitar 40-an tahun. Dia menempatkannya dalam kandang yang ditutup dengan terali besi di halaman samping rumahnya.

 

“Buaya ini saya beri nama Puang Baso. Buaya ini tidak mudah ngamuk dan cukup bersahabat dengan saya ,” ucapnya.

Arten menyadari jika buaya tidak lazim dijadikan hewan peliharan. Namun dia mengaku sudah telanjur tertarik dan merasa memiliki kedekatan dengan hewan yang dianggapnya sebagai pembawa rejeki tersebut.


Editor : Donald Karouw