Nenek di Luwu Utara Klaim Tanah Sekolah, Begini Respons Dinas Pendidikan

Chaeruddin ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 12:20:00 WITA
Nenek di Luwu Utara Klaim Tanah Sekolah, Begini Respons Dinas Pendidikan
Satpol PP memasang tanda kepemilikan lahan sebagai aset pemerintah daerah. (Foto: Dok iNews).

MASAMBA, iNews.id - Seorang wanita lanjut usia meminta hak terkait lahan yang dibangun sekolah oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Utara. Tanah tersebut diklaim sebagai miliknya.

Nenek ini mempermasalahkan berdirinya SDN 020 Pombuntang di Kecamatan Sabbang. Karena itu dia meminta haknya sebagai pemilik lahan kepada pemerintah daerah.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Luwu Utara, Jasrum mengatakan, informasi tersebut keliru karena mendiskreditkan pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah pada dasarnya tidak melakukan perampasan lahan. Kalaupun lahan tersebut akan digunakan, tentu terlebih dahulu dilakukan komunikasi kepada pemilik lahan," kata Jasrum saat dikonfirmasi, Kamis (3/6/2021).

Tak hanya itu, Jasrum menjelaskan, terkait tanah tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten Luwu Utara memiliki bukti berupa sertifikat yang ada sejak tahun 2005.

"Saksi hidup masih ada, saat itu yang menjabat Kadis Pendidikan adalah mantan Wakil Bupati, Pak Thahar Rum. Kemudian saat itu beliau juga yang menunjukkan batas-batasnya," ujarnya.

Dia memastikan, tidak akan membangun sekolah di lokasi tanah sengketa. Berdirinya bangunan itu karena sudah ada kepastian hukum terkait lahan tersebut.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal