Nelayan di Selayar Sulsel Tangkap Ikan Oarfish, Mitos Bakal Terjadi Bencana

Sulaiman Nai ยท Rabu, 11 Desember 2019 - 09:45 WIB
Nelayan di Selayar Sulsel Tangkap Ikan Oarfish, Mitos Bakal Terjadi Bencana
Nelayan di Selayar menangkap ikan Oarfish yang dipercaya menjadi pertanda terjadi bencana. (Foto: iNews/Sulaiman Nai).

MAKASSAR, iNews.id - Warga di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) belakangan ini heboh dengan hasil tangkapan nelayan di perairan Kabupaten Kepulauan Selatan berupa Ikan Oarfish. Mitos yang dipercaya sebagian warga, munculnya ikan tersebut bakal jadi tanda terjadi bencana.

Sejumlah masyarakat memang mengaitkan beberapa bencana dengan penemuan Ikan Oarfish. Di antaranya gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Jepang. Kondisi ini membuat banyak warga khawatir.

Seorang warga asal Kabupaten Jeneponto, Ikbal mengatakan, warga di sekitar pesisir pantai tetap harus waspada. Karena bencana bisa terjadi kapan saja, tak selalu lantaran adanya pertanda munculnya Ikan Oarfish.

"Ini menjadi warning. Tapi sebaiknya mitos-mitos seperti itu sebaiknya tak terlalu dipercaya, supaya tidak menimbulkan kekhawatiran berlebihan," kata Ikbal kepada wartawan di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (11/12/2019).

Sebelumnya, penangkapan ikan sepanjang tiga meter ini viral di media sosial. Video penangkapan Ikan Oarfish pertama kali diunggah akun Facebook Irma Yanti Irma, dalam captionnya dia menulis kalau ikan tersebut hasil pancingan dari Andi Saputra.

Warga lainnya, Syamsudin mengatakan, sebaiknya masyarakat tak percaya dengan berbagai mitos terkait kemunculan ikan Oarfish. Sebab, tidak ada yang tahu akan terjadi bencana atau tidak di suatu wilayah.

"Ini (kemunculan ikan), bukan menjadi pertanda akan terjadinya bencana gempa dan tsunami," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal