MNC Peduli Berbagi Korban Banjir Bandang di Masamba Luwu Utara

Muhammad Arham Hamid ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 15:20 WIB
MNC Peduli Berbagi Korban Banjir Bandang di Masamba Luwu Utara
Bantuan dari MNC Peduli kepada korban banjir di Luwu Utara. (Foto: Dok iNews).

MASAMBA, iNews.id - MNC Peduli kembali menunjukkan kepeduliannya kepada sesama, dengan menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang dan longsor di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Jumat (24/7/2020) kemarin.

Bantuan MNC Peduli ini berupa satu ton beras, ratusan karton mie instan dan ratusan ikan kaleng atau sarden. Disalurkan langsung ke rumah warga yang terdampak banjir serta ke tenda pengungsian, posko relawan dan dapur umum.

Di antara lokasi yang disasar yakni Kota Masamba sekitar rumah jabatan Bupati Luwu, Indah Puteri Indriani. Salah satu penerima bantuan adalah, korban bernama Sitti Habriah yang beralamatkan di Dusun Bone, Desa Bone, Kecamatan Masamba.

Pantauan di lokasi, rumah Sitti Habriah, letaknya berada di sebelah timur dari Rujab Bupati Luwu Utara berjarak sekira dua kilometer. Kondisi rumahnya rusak parah, dinding rumah roboh dan seisi rumah dipenuhi lumpur bercampur pasir.

Saat dikunjungi tim MNC Peduli, keluarga Sitti Habriah terharu, sedih bercampur gembira. Sedih karena mengingat kejadian pada Senin (13/7/2020) malam, di mana dia dan keluarganya diterjang banjir bandang. Gembira karena mendapat perhatian dari MNC Group, melalui MNC Peduli.

"Kami sebenarnya sudah tinggal di pengungsian, kami datang ke rumah ini karena kami ingin melihat kondisinya, kami membersihkan yang bisa kami bersihkan, sekaligus melihat barang apa yang masih bisa kami selamatkan," kata Sitti saat menerima bantuan dari MNC Peduli.

Rumah di samping kiri dan kanan rumah Sitti Habriah, juga ikut terendam banjir. Terlihat personel TNI dibantu sejumlah relawan melakukan pembersihan dengan cara mencangkul dan mensekop lumpur dan pasir yang menimbun bagian dalam dan halaman rumah warga.

Beberapa rumah korban banjir didatangi tim MNC Peduli. Ada sejumlah rumah yang sudah ditinggal pemiliknya, ada pula yang masih terlihat berpenghuni dengan aktivitas pemiliknya melakukan pembersihan lumpur dan menjemur karpet, pakaian basah.

Setelah dari Masamba, MNC Peduli kembali menyasar beberapa rumah warga, posko relawan dan tenda pengungsi di sepanjang Desa Radda.

Satu kilometer dari jalan poros arah barat Desa Radda, sepanjang jalan sudah terlihat posko relawan dan tenda pengungsi. Baik tenda yang didirikan oleh warga pengungsi maupun tenda yang didirikan oleh pemerintah.

Membedakan kedua jenis tenda tersebut, itu terlihat dari tulisan di tenda, ada yang bertuliskan Kementerian Sosial, BPBD Luwu Utara, BNPB, Basarnas dan juga tenda BPBD dari luar daerah Kabupaten Luwu.

Sekitar enam titik penyaluran bantuan MNC Peduli di lokasi ini. Pertama di posko kemanusian relawan gabungan pimpinan dr Fadly, beberapa rumah warga yang menampung pengungsi asal Radda sendiri dan sebagian dari Masamba.

Bantuan MNC Peduli juga disalurkan ke dapur umum milik BNPB dan dapur umum milik Kementeria Sosial di Desa Radda.

Kepala Dusun Bone Desa Radda, Jalil menyebutkan, khusus warganya ada sekira 119 KK yang terdampak dan terkena banjir. Seluruhnya telah mengungsi ke rumah kerabatnya yang masih aman dari banjir.

"Ada sekira 119 KK warga saya yang terdampak dan terkena banjir bandang. Mereka seluruhnya mengungsi. Ada di rumah keluarganya di Radda, ada juga keluar daerah," ujarnya.

Menurutnya, pengungsi kini membutuhkan peralatan dapur, kompor dan gas, dan alat masak. "Warga di tenda pengungsian saat ini juga membutuhkan selimut dan sarung, makanan dan susu bayi, vitamin, popok bayi, minyak angin," ujarnya.

Direktur Utama KORAN SINDO Makassar Munadhir Mubarak pada saat pelepasan bantuan ke Masamba mengatakan, bantuan yang dikirimkan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan gerakan sosial kemanusiaan dari MNC Group untuk meringankan beban para warga yang tertimpa musibah.

Menurut dia, MNC Group sebagai salah satu jaringan media terbesar di Indonesia ingin senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat, tidak hanya dalam bentuk pemberitaan dan sebagai media penyaluran aspirasi masyarakat, tapi juga hadir membantu ketika terjadi bencana alam.

"Semoga bantuan yang kami kirimkan hari ini bisa membantu meringankan beban para warga yang terdampak bencana alam di Luwu Utara, apalagi saat ini kita berada di tengah pandemi," ujar dia.

Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan harapannya agar para korban tetap dapat memperhatikan kesehatan dan kebersihan selama mengungsi terutama karena kejadian ini terjadi ditengah wabah covid 19, dimana mungkin akan sulit karena musibah banjir bandang ini.

"Harapannya tentu agar bantuan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan pengungsi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh mereka tidak terpapar covid dan bisa pulih kembali," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal