Mesin Kapal Mati, 5 Nelayan Hilang di Perairan Makassar Ditemukan Selamat

Antara ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 15:15 WIB
Mesin Kapal Mati, 5 Nelayan Hilang di Perairan Makassar Ditemukan Selamat
Tim Basarnas Makassar mengevakuasi 5 nelayan di laut yang sempat dikabarkan hilang karena kapal mengalami mesin mati. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Tim Basarnas mengevakuasi lima orang nelayan yang kapalnya mati mesin di Perairan Pulau Barang Lompo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (1/1/2019). Kelima korban ditemukan selamat dan sudah bersandar di Pelabuhan Paotere pagi hari tadi.

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari mengatakan, kejadian tersebut dilaporkan salah seorang istri penumpang kapal yang menyampaikan bahwa kapal yang ditumpangi suaminya mengalami mati mesin sejak Selasa (31/12/2019) malam di tengah perairan setempat.

"Dari info tersebut, tim langsung menggerakkan KN Antasena untuk bertolak ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para korban," kata Mustari kepada wartawan, Rabu pagi.

BACA JUGA: Angin Kencang saat Malam Tahun Baru, Pohon Kelapa Tua Timpa Rumah Dinas Dokter di Sengkang

Korban lalu dievakuasi dan kapal milik para nelayan ini dibawa ke Pelabuhan Paotere pada pukul 07.25 WITA. Menurut dia, kelima korban ditemukan dalam kondisi selamat.

Menyikapi kejadian ini, dia mengimbau nelayan selalu memperhatikan kondisi kapal sebelum berlayar, apalagi saat memasuki musim hujan. Selain itu, mereka juga harus memiliki kontak Basarnas, sehingga bisa menguhubungi tim saat ada kondisi darurat.

BACA JUGA: Sampaikan Resolusi 2020 ke Gubernur, Warga Luwu Utara Ingin Ada Pembangunan Infrastruktur

"Musim hujan saat ini harus menjadi perhatian, saya harap nelayan memperhatikan kondisi kapal sebelum berlayar," ujar dia.

Untuk emergency call atau telepon darurat, dia menyebutkan nomor kontak milik Basarnas 115. Selain itu, bisa menghubungi Kantor Basarnas Makassar dengan layanan pelaporan khusus yang bisa diakses di nomor 0811447115.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal