Mentan SYL Berikan Bantuan Senilai Rp37 Miliar untuk Korban Banjir Wajo

Antara ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 13:20 WIB
Mentan SYL Berikan Bantuan Senilai Rp37 Miliar untuk Korban Banjir Wajo
Mentan SYL berbincang-bincang dengan petani. (Foto: Antara).

WAJO, iNews.id - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memberikan bantuan untuk sektor pertanian senilai Rp35,7 miliar. Dia juga membawa lima truk yang mengangkut kebutuhan pokok untuk warga mencapai Rp250 juta.

Bantuan untuk sektor pertanian yang serahkan diantaranya alat mesin pertanian, Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian, Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta Program Asuransi Usaha Tani Padi dengan klaim sebesar Rp9 juta.

Bantuan ini diberikan Mentan Syarul Yasin Limpo (SYL) saat meninjau kondisi petani dan lahan pertanian yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Wajo pada Selasa (28/7/2020).

"Sesuai perkiraan dalam satu bulan ke depan sawah yang tergenang air akan surut. Ini waktunya kita persiapkan bibit dan mekanisasi yang memadai," kata SYL di Kabupaten Wajo, Sulsel, Selasa kemarin.

Dia berharap, bantuan ini dapat menggantikan lahan sekitar 9.000 hektare (ha) yang gagal panen. Bahkan, lahan yang bisa diolah ke depannya bisa mencapai hingga 14.000 ha untuk memperkuat ketahanan pangan.

Sementara itu Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan, sektor pertanian menjadi salah satu areal yang terdampak banjir. Ada lebih dari 8.000 ha yang gagal panen atau puso.

Dia menyebutkan, ada lebih dari 14 ribu ha sudah dipersiapkan, untuk menambah target luas tanam. Begitu air surut, dia optimis petani akan segera menggarap lahan-lahan tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal