Mengenal Suku Oni yang Misterius, Suku Manusia Kerdil dari Bone Sulawesi Selatan

Rilo Pambudi ยท Kamis, 16 Juni 2022 - 12:17:00 WITA
Mengenal Suku Oni yang Misterius, Suku Manusia Kerdil dari Bone Sulawesi Selatan
Mengenal Suku Oni yang Misterius (Foto: RCTIplus)

JAKARTA, iNews.id - Tidak banyak orang yang benar-benar mengenal Suku Oni. Suku ini disebut-sebut sebagai suku manusia kerdil yang ada di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Cerita Suku Oni yang misterius telah membuat banyak orang penasaran. Pasalnya, suku ini belum benar-benar dapat dijumpai secara langsung. Kisah legendaris mengenai suku manusia mini di Indonesia seolah sudah menjadi legenda urban. Sebagian meyakini keberadaannya, sebagian yang lain tidak karena sedikit sekali bukti tentang keberadaan mereka.

Misalnya saja terkait video viral beberapa waktu lalu yang menunjukkan rekaman sosok mungil di tengah hutan Aceh yang dijumpai oleh komunitas motor trail. Sekilas dalam video terekam sosok kecil tanpa busana sedang membawa kayu yang dan diduga sebagai Suku Mante yang hidup di pedalaman hutan.

Dalam kajian arkeologis, pernah ditemukan adanya manusia purba di Flores yang dijuluki  'The Hobbit' atau Homo Floresiensis. Temuan ini seolah menguatkan bahwa peradaban manusia kerdil yang hidup di gua-gua pernah ada di Indonesia.

Kisah tersebut mirip dengan yang ada di Bone, Sulawesi Selatan, tentang keberadaan Suku Oni. Lantas apakah Suku Oni benar-benar ada?

Mengenal Suku Oni yang Misterius

Keberadaan Suku Oni di Bone, masih sangat simpang siur. Mereka disebut pernah dijumpai di sekitar Dusun Dekka, Desa Mappesangka Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, sekitar 60 km dari kota Watampone. 

Sejumlah warga Desa Mappesangka mengaku pernah bertemu langsung dengan sekelompok orang dengan tinggi hanya sekitar 70 centimeter di kawasan hutan Tanjung Palette.

Karena cerita tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya, kisah tentang Suku Oni berkembang semakin misterius. Banyak warga yang meyakini bahwa suku orang-orang dengan tubuh kerdil itu memang benar adanya.

Sebagian warga sekitar pegunungan Bone bahkan menjuluki mereka sebagai mahluk setengah siluman. Pasalnya, keberadaan mereka sangat sulit untuk dilacak.

Sejauh ini, belum ada dokumentasi apapun yang beredar mengenai suku yang disebut pernah hidup berdampingan dengan warga desa tersebut. Warga menyebut bahwa tidak sembarang orang menjumpai mereka lantaran suku ini disebut bisa menghilang di dalam hutan belantara.

Selain cerita misterius tersebut, ada juga warga yang menganggap Suku Oni sebagai mahluk biasa pada umumnya. Hanya saja, mereka secara fisik memang berukuran jauh lebih kecil dibandingkan manusia normal.

Dikutip dari berbagai sumber, Suku Oni konon hanya memiliki tinggi badan sekitar 70 cm. Mereka hidup di belantara hutan dan tinggal di gua-gua.

Ada yang menyebut bahwa mereka bisa dipancing keluar dari persembunyiannya dengan menggunakan buah pisang yang diletakkan di mulut gua. Sayangnya, sejumlah orang yang pernah mencoba nyatanya tidak berhasil. Hingga saat ini, belum ada bukti otentik atau ilmiah yang menunjukkan bahwa Suku Oni benar-benar ada di Bone.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel: