Mau Jadi Panitia Pemungutan Suara di Pilkada Makassar? Begini Petunjuk Pendaftaran dari KPU

Antara ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 10:30 WIB
Mau Jadi Panitia Pemungutan Suara di Pilkada Makassar? Begini Petunjuk Pendaftaran dari KPU
Pendaftaran petugas PPK dalam Pilkada Makassar 2020. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar membuka pendaftaran petugas Adhoc untuk Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK). Sistem perekrutan akan menggunakan sistem online atau berbasis Informasi Teknologi (IT).

Komisioner KPU Makassar membidangi Data, Romi Harminto mengatakan, KPU butuh kandidat yang melek teknologi. Prosesnya akan dimulai pada 18-24 Januari 2020.

"Bagi yang ingin pendaftar bisa mengakses di http//regppk.kota-makassar.kpu.go.id," kata Romi saat dikonfirmasi, Kamis (16/1/2020).

BACA JUGA: Gubernur Sulsel Lantik 4 Kepala Daerah Pemenang Pilkada 2018

Menurut dia, sistem yang dijalankan saat ini lebih modern, karena mengikuti perkembangan zaman. Karena itu, petugas PPK dituntut paham teknologi, sebab rekapitulasi penghitungan suara nantinya berbasis komputerisasi.

Hal ini sejalan dengan sistem aplikasi Elektronik Pencocokan dan Penelitian (e-coklit) yang akan diterapkan KPU Makassar saat pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada Wali Kota Makassar 23 September 2020.

"Setiap pendaftar mesti mendownload atau mengunduh formulir di website KPU Makassar. selanjutnya mengisi sesuai petunjuk lalu membuat akun sendiri. Setelah dicetak kemudian di kirim kembali ke website," katanya.

Dia mengakui, tidak semua calon petugas nantinya mempunyai pengetahuan sama soal teknologi. Pastinya ada asumsi bahwa sistem yang digunakan dinilai hanya untuk kalangan milenial.

Cara ini bisa menutup ruang bagi pendaftar yang memiliki potensi dan punya pengalaman tapi belum menguasai teknologi.

BACA JUGA: Kapolrestabes Medan Jhonny Akan Fokus Pengamanan Pilkada 2020

Komisioner KPU Makassar lainnya, Endang Sari mengatakan, bagi para calon meski melengkapi administrasinya, seperti KTP, KK, surat pernyataan bebas narkoba, tidak pernah di pidana, bukan anggota partai politik maupun tim sukses.

Mereka juga harus melampirkan surat berbadan sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas setempat. Kemudian, SKCK tidak masuk dalam persyaratan berkas.

"Selain itu untuk usia minimal 17 tahun ke atas berhak mendaftar dan melengkapi kelengkapan berkas yang tadi disebutkan," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal