Makassar Raih Predikat Kota Cerdas Indonesia 2017

Indra OY ยท Senin, 11 Desember 2017 - 22:38 WIB
Makassar Raih Predikat Kota Cerdas Indonesia 2017
Kepala Diskominfo Makassar Ismail Hajiali mewakili Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto saat menerima Kota Cerdas 2017.

MAKASSAR, iNews.id – Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditetapkan sebagai Kota Cerdas Indonesia 2017. Tidak tanggung-tanggung, tiga kategori penghargaan berhasil dimenangkan yakni, Rating Digital Government Reainess, Rating Kesiapan Integritas (Integration Readiness), serta Rating Pengembangan dan Pengelolaan Kota (Smarter Way).
"Alhamdulillah, kota kita kembali berjaya di tingkat nasional. Kali ini pada penilaian Rating Kota Cerdas 2017. Makassar ditetapkan sebagai Kota Cerdas Indonesia 2017 dengan tiga kategori sekaligus, yakni Rating Digital Government Reainess, Rating Kesiapan Integritas (Integration Readiness), serta Rating Pengembangan dan Pengelolaan Kota (Smarter Way),” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar Ismail Hajiali yang hadir mewakili Wali Kota Danny Pomanto, melalui pesan WhatsApp, Senin (11/12/2017) malam.
Penghargaan ini diberikan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam acara Awarding Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 di Gedung Dharmapala Kementerian Keuangan, Jakarta.
RKCI diinisiasi oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan dididukung oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Ajang ini untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas kota dengan cara cerdas lewat survei terhadap 93 kota di Indonesia. Selain itu, juga dilakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakter masing-masing. Kegiatan pemetaan ini merupakan kegiatan dua tahunan dan dimulai pertama kali pada 2015.
"Program Makassar Sombere and Smart City yang dicetuskan pak wali semakin menunjukkan hasil yang lebih baik untuk Makassar. Tentu saja ini berkat kerja-kerja kita semua, pemerintah kota dan masyarakat tanpa terkecuali," ungkapnya.
Ismail menjelaskan, kota cerdas merupakan kota yang dapat mengelola berbagai sumber dayanya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai tantangan kota. Penyelesaiannya dengan menggunakan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan. “Kota cerdas harus mampu menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan-layanan kota yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya,” kata Ismail.


Editor : Muhammad Saiful Hadi