Mahasiswa UMI Makassar Meninggal saat Diksar KSR PMI, Diduga karena Kelelahan dan Tenggelam

Wahyu Ruslan ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 12:05 WIB
Mahasiswa UMI Makassar Meninggal saat Diksar KSR PMI, Diduga karena Kelelahan dan Tenggelam
Mahasiswa UMI Makassar disemayamkan di rumah duka. (Foto: iNews/Wahyu Ruslan).

MAROS, iNews.id - Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Muhammad Fahmi Fuad meninggal dunia diduga karena kelelahan dan tenggelam. Hasil pemeriksaan sementara polisi, tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh korban.

Kapolsek Tompobulu, AKP Syaharuddin mengatakan, sudah memeriksa 10 saksi di antaranya panitia dan keluarga. Mereka dimintai keterangan terkait kronologi dan penyebab korban meninggal saat mengikuti pendidikan dan latihan dasar (diksar) KSR PMI kampus.

"Jadi kalau dari keterangan yang kami dapat, korban ini memang kelelahan," kata Syahruddin di Mapolsek Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (13/2/2020).

Kronologinya berawal saat korban beserta puluhan peserta lainnya yang juga mahasiswa UMI Makassar mengikuti kegiatan jalan kaki di pinggir sungai pada Selasa (4/2/2020) pukul 04.30 WITA.

Tiba-tiba saja, korban Muhammad Fami terpeleset dan terjatuh hingga masuk ke dalam sungai. Korban yang tidak kunjung muncul ke permukaan, langsung ditolong oleh rekan-rekannya di sana.

Ketika itu, dari keterangan para saksi, Muhammad Fami sudah dalam kondisi tidak sadarkan diri. Mereka pun langsung membawa korban ke RSUD Salewangang Maros untuk mendapat pertolongan medis, namun nahas nyawanya tak tertolong.

"Saat ini kami sudah bersurat resmi ke pihak rumah sakit untuk meminta hasil visum korban," ujar dia.

Polisi masih mendalami kasus kematian Muhammad Fami saat diksar di wilayah Tompobulu, Selasa (4/2/2020) lalu. Namun dari hasil pemeriksaan petugas, memang tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh mahasiswa Fakultas Agama UMI Makassar itu.

Sebelumnya, kegiatan Diksar KSR PMI UMI Makassar berlangsung sejak Senin (3/2/2020) lalu. Saat acara di hari kedua, Selasa (4/2/2020) terjadi insiden di mana salah satu dari 70 perserta tewas diduga akibat kelelahan ketika berjalan menyusuri sungai.

Kegiatan KSR PMI yang mestinya berlangsung hingga Minggu (9/2/2020) akhirnya ditunda. Panitia dan peserta dipulangkan ke kampus, dan jenazah korban dipulangkan ke rumah duka untuk dimakamkan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal