Kronologi Sepatu Paskibra Terlepas saat Upacara HUT RI di Rujab Gubernur Sulsel

Leo Muhammad Nur ยท Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:28:00 WITA
Kronologi Sepatu Paskibra Terlepas saat Upacara HUT RI di Rujab Gubernur Sulsel
Sepatu anggota paskibra di Makassar terlepas dan tertinggal saat upacara Proklamasi Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). (Foto: iNews/leo M Nur)

MAKASSAR, iNews.id – Upacara detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI ke-77 di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Selatan, Kota Makassar diwarnai insiden lepasnya sepatu anggota pasukan pengibar bendera (paskibra), Rabu (17/8/2022). 

Kronologi sepatu anggota paskibra perempuan terlepas dan tertinggal di lapangan itu terjadi saat iring-iringan pasukan kembali ke tempat barisan untuk penghormatan setelah pengibaran bendera merah putih. Meski demikian, insiden tersebut tidak sampai mengganggu jalannya upacara.

Pantauan iNews, anggota paskibra yang tergabung dalam pasukan pengiring atau pemandu tersebut tetap tenang menyelesaikan tugas hingga ke barisan. Lalu muncul seorang anggota Satpol PP mengambil sepatu yang tertinggal di lapangan.

Kepala Dispora Sulsel, Andi Erwin Azis mengatakan, terjadinya insiden itu karena langkah pasukan pengapit berbenturan dengan anggota lainnya. Namun hal ini hanya soal nonteknis, biasa terjadi dalam situasi tertentu dan tidak ada masalah. 

"Bagi kami paling penting bendera berkibar bisa berkibar dan upacara lancar. Ini insiden nonteknis yang bisa terjadi. Saya pikir ini juga jadi catatan, tapi tadi itu formasi baru dan sudah berjalan lancar," ujar Andi, Rabu (17/8/2022).

Diketahui, Upacara HUT ke-77 RI di Rujab Gubernur ini dipimpin langsung Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sebagai inspektur upacara. Upacara berlangsung tertib, penuh khidmat dan lancar.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: