Kepala Suku Paluga Bantah TNI Bakar Rumah dan Gereja di Ilaga Utara

Saldi Hermanto ยท Rabu, 19 Mei 2021 - 16:32:00 WITA
Kepala Suku Paluga Bantah TNI Bakar Rumah dan Gereja di Ilaga Utara
Binmas Noken Satgas Nemangkawi mengadakan program trauma healing di Ilaga, Papua.

TIMIKA, iNews.id - Kepala Suku Kampung Paluga, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua, FvYohan Dewelek menepis informasi bohong yang beredar di media sosial (medsos) dan dimuat sejumlah media online. Informasi yang dimaksud adalah pembakaran rumah dan gereja di Paluga yang dilakukan TNI.

"Di sana tidak ada rumah yang dibakar seperti gambar yang ditunjukan kepada saya," ujar FvYohan Dewelek, kepada Wakasatgas Humas Ops Nemangkawi, AKBP Arief Fajar Satria dan Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia, di Mapolres Puncak, Rabu (19/5/2021). 

Dia memastikan informasi yang disebar di medsos merupakan hoaks yang dijadikan propaganda oleh oknum-oknum yang ingin memperkeruh keadaan di Ilaga Utara. Bahkan, FvYohan memastikan kondisi di Paluga kondusif, tidak pernah terjadi kontak senjata.

"Di sana aman. Tidak ada baku tembak atau pengeboman oleh militer Indonesia yang menyebabkan rumah-rumah di Paluga terbakar. Itu berita yang tidak benar," katanya lagi.

Jejak digital yang ditelusuri oleh Tim Analis Satgas Nemangkawi menunjukkan bahwa foto-foto propaganda hoaks yang beredar pernah diunggah oleh akun Facebook TPNPB pada 2 April 2019. Satgas Nemangkawi berharap masyarakat bijak dan tidak menyebar hoaks di medsos.

"Setop hoaks maupun provokatif yang bisa berdampak hukum dan juga merugikan pihak tertentu dan juga masyarakat," ujar Kasatgas Humas Ops Nemangkawi, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.

Editor : Erwin C Sihombing