Kelewatan! Perempuan di Luwu Edarkan Uang Palsu di Tengah Pandemi Corona

Sindonews, Chaeruddin ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 13:10 WITA
Kelewatan! Perempuan di Luwu Edarkan Uang Palsu di Tengah Pandemi Corona
Pengedar uang palsu di Luwu diamankan polisi. (Foto: Sindonews).

LUWU, iNews.id - Polisi mengamankan seorang perempuan muda berinisial SR (28) karena diduga telah mengedarkan uang palsu di wilayah Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel). Aksinya itu dilakukan berkali-kali dan membuat warga jengkel.

Pelaku SR, warga Maccini Gusung, Kota Makassar ini ditangkap sekitar pukul 15.00 WITA di Pos Lantas Lamone, Desa Karang-Karangan. Dia mengedarkan uang tersebut dengan cara berbelanja menggunakan pecahan Rp100.000 palsu.

"Pelaku membeli satu liter bensin eceran di depan SPBU Padang Sappa seharga Rp10.000 dengan uang Rp100.000 palsu, dan mendapat uang kembalian asli," kata Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Faizal Syam, Selasa (31/3/2020).

Aksinya juga pernah dilakukan saat belanja ikan kering di Desa Tirowali Kecamatan Ponrang. Warga pun marah begitu mengetahui pelaku telah mengedarkan uang palsu dan melaporkan kasus ini ke polisi.

"Informasi ini diterima oleh Kapos Lantas Bua, Aiptu Busman S Tiger dan Bripka Muhammad Nurung. Keduanya langsung berjaga-jaga di jalan poros kemudian menahan yang bersangkutan saat melintas di Desa Karang-karangan," ujarnya.

Setelah menginterogasi, polisi kemudian mengamankan SR dan menggiringnya ke Mapolres Luwu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kasat Reskrim Polres Luwu meminta warga untuk tenang dan tetap teliti dalam melakukan transaksi tunai. Utamanya saat seseorang belanja dengan pecahan uang seratus ribu dan hanya belanja sedikit.

"Alih-alih belanja, sebenarnya hanya ingin menukar uang palsu. Motif ini perlu diwaspadai. Saat ini kami tengah mendalami kasus ini, mencari asal uang palsu yang dibawa pelaku dan mencari rekannya yang lain," kata Faizal.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal