Kelabui Petugas Pakai Dokumen Ikan, 300 Kg Daging Babi Disita di Pelabuhan Parepare

Erwin Eka Pratama · Sabtu, 23 April 2022 - 17:54:00 WITA
Kelabui Petugas Pakai Dokumen Ikan, 300 Kg Daging Babi Disita di Pelabuhan Parepare
Petugas Stasiun Karantina Parepare mengagalkan penyelundupan 300 kg daging babi tanpa dokumen di Dermaga Pelabuhan Nusantara, Sabtu (23/4/2022). (Foto: Erwin Eka Pratama)

PAREPARE, iNews.id - Petugas Stasiun Karantina Parepare Sulawesi Selatan (Sulsel) menggagalkan penyelundupan 300 kg daging babi tanpa dokumen di Dermaga Pelabuhan Nusantara, Sabtu (23/4/2022) sore. Daging babi tersebut masuk ke pelabuhan dengan menggunakan dokumen ikan untuk mengelabui petugas.

Daging babi sebanyak 300 kg yang disimpan dalam 15 box ditemukan oleh petugas saat hendak dinaikkan ke dalam kapal untuk dikirim ke Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim).

“Menemukan ada daging babi yang mau dikirim dari Makassar ke Samarinda dan tidak dilengkapi dengan persyaratan dokumen karantina hewan,” kata Dokter Hewan Stasiun Karantina Parepare, Indarti, Sabtu (23/4/2022).

Awalnya petugas curiga dengan dokumen yang dibawa pengurus. Setelah diperiksa bukannya ikan, petugas malah menemukan daging babi.

“Dari pengurus melaporkan ini ikan. Tapi setelah diperiksa bukan ikan tapi daging babi,” ujarnya.

Daging babi yang berasal dari Makassar ini rencananya akan dikirim ke Samarinda menggunakan kapal KM. Quen Soya melalui pelabuhan Nusantara Parepare.

Selanjutnya daging babi ini diamankan petugas stasiun karantina parepare untuk dilakukan pemeriksaan. 

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: