Kasus Covid Melonjak, Kemenag Ingatkan KUA Jangan Sampai Ada Klaster Akad Nikah

Widya Michella ยท Jumat, 04 Februari 2022 - 12:28:00 WITA
Kasus Covid Melonjak, Kemenag Ingatkan KUA Jangan Sampai Ada Klaster Akad Nikah
KAU diminta hati-hati untuk hindari klaster akad nikah. (Foto: Unsplash / Sandy Millar)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk berhati-hati agar jangan ada klaster akad nikah. Peringatan ini menyusul terjadinya kenaikan kasus covid-19 di tanah air.

"Kepala KUA/penghulu berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing untuk memastikan keamanan dan ketertiban pelayanan nikah, agar tidak ada transmisi Covid-19 klaster akad nikah," ujar Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Muhammad Adib dikutip dalam rilis resminya, Jumat (4/2/2022).

Dia mengatakan bahwwa KUA harus terus memperketat protokol kesehatan dengan berpedoman kepada Surat Edaran (SE) Dirjen Bimas Islam No.P.002/DJ.III/Hk.007/07/2021 tentang Petunjuk Teknis Layanan Nikah pada KUA Kecamatan Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat tertanggal 11 Juli 2021.

"Surat edaran tersebut masih berlaku dan tetap dilaksanakan," ujar dia.
Pada edaran tersebut disebutkan bagi calon pengantin, wali, dan dua orang saksi harus dalam kondisi sehat. Hal ini dibuktikan dengan hasil negatif swab antigen yang berlaku 1x24 jam sebelum pelaksanaan akad nikah.

Pria yang akarab disapa Gus Adib menyampaikan pernikahan di KUA maksimal dihadiri 6 orang. Sementara pernikahan di gedung dihadiri 20% dari kapasitas ruangan.

"Pelaksanaan akad nikah wajib menerapkan prokes secara ketat. Terus lakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 terkait mitigasi di daerah masing-masing," ujarnya.

Menurutnya dengan pemberlakuan protokol kesehatan tersebut kasus penularan covid saat akad nikah berkurang signifikan. 

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: