Kapal Terbakar di Perairan Samalona, Basarnas Latihan Evakuasi 10 Korban

Muhammad Arham Hamid ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 09:45 WITA
Kapal Terbakar di Perairan Samalona, Basarnas Latihan Evakuasi 10 Korban
Latihan evakuasi korban kapal terbakar di Makassar. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Basarnas menggelar operasi penyelamatan korban KM Samudera Nusantara yang terbakar di Perairan Samalona, wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ada 10 orang korban, dua di antaranya meninggal dunia.

Kegiatan ini bagian dari latihan SAR melibatkan DitPolair, KKP Makassar, VTS Makassar dan lembaga mahasiswa. Ada 15 orang yang terlibat dalam simulasi insiden kapal terbakar, terbagi dalam dua SRU.

"Tim mengevakuasi tujuh korban ke dermaga Pelindo IV. Dua diantaranya meninggal dunia dan seorang dievakuasi keluarga di Pulau Lae-Lae," kata Kepala Kantor SAR Makassar, Mustari, di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (15/10/2020).

Para korban sudah mendapat pertolongan medis pertama dari tim di dermaga. Lalu akan dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis.

"Selama evakuasi, kami terkendala gelombang tinggi di perairan Samalona," ujarnya.

Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI Marinir, Rasman mengatakan, latihan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan personel dan alat yang dimiliki tim SAR.

"Personel ini, tentu dari berbagai potensi, baik dari kepolisiaan hingga lembaga kemahasiswaan. Latihan ini sebagai edukasi agar tim dapat bersinergi," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal