Jual Amunisi di Medsos, 3 Pemuda Diamankan Polisi

Jufri Tonapa, Okezone ยท Sabtu, 26 Januari 2019 - 08:51:00 WITA
Jual Amunisi di Medsos, 3 Pemuda Diamankan Polisi
Ilustrasi amunisi sebagai barang bukti. (Foto: Istimewa).

PALOPO, iNews.id - Satreskrim Polres Palopo mengamankan tiga pemuda yang menjual amunisi 25 butir kaliber 9 MM lewat media sosial. Barang tersebut peninggalan almarhum mertua salah seorang tersangka yang merupakan Pensiunan TNI.

Ketiga tersangka, Askar Aziz, Hariansyah, dan Asep Sugandi. Mereka menjual amunisi untuk membeli peralatan kendaraan. Karena peluru itu sudah tak terpakai dan hanya tersimpan di lemari saja.

Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf mengatakan, amunisi ini milik tersangka Askar Aziz. Menurut dia, benda-benda ini peninggalan almarhum mertuanya yang merupakan Pensiunan TNI.

"Tersangka Askar menganggap bahwa barang tersebut hanya tinggal di lemari, sehingga berniat menjualnya untuk membeli peralatan kendaraannya," kata Ardy di Mapolres Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (26/1/2019).

Sementara rekannya Asep turut membantu dalam penjualan amunisi tersebut melalui media sosial Facebook Palopo Dagang dan OLX Palopo.

"Kami mendapat laporan adanya perdagangan amunisi di media sosial, kami tindak lanjuti dan telusuri, kami mendapatkan Askar memiliki 25 Butir Amunis kaliber 9 Mm yang dikuasainya tanpa izin," ujar dia.

Para tersangka diamankan setelah polisi menerima laporan terkait adanya penjualan amunisi melalui media sosial Facebook pada Jumat (25/1/2019). Ketiganya terancam undang-undang darurat dengan ancaman 10 tahun penjara.

Sementara itu, barang bukti 25 butir amunisi jenis kaliber 9 MM tersebut telah diperiksa oleh Pihak Polres Palopo. Kini di bawah ke Subden POM Palopo untuk diperiksa.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal