Jembatan Pulau Sembilan di Sinjai Rusak Parah, Warga: Selalu Ada Saja yang Terjatuh

Sindonews, Irman Bagoseng ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 16:45 WITA
Jembatan Pulau Sembilan di Sinjai Rusak Parah, Warga: Selalu Ada Saja yang Terjatuh
Warga menumpang perahu karena khawatir kondisi jembatan di Pulau Sembilan Sinjai sudah rusak parah. (Foto: Sindonews).

SINJAI, iNews.id - Masyarakat di Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel), kembali mengeluhkan kerusakan infrastruktur jembatan di wilayah mereka. Akses utama masyarakat menuju pulau tersebut dinilai dalam kondisi rusak parah.

Seorang warga di Pulau Sembilan, Arfah mengatakan, sudah berkali-kali warga mengadukan kerusakan infrastruktur tersebut. Namun pemerintah daerah (pemda) dinilai tak pernah menindaklanjuti laporan mereka.

"Jalan di jembatan utama itu perlu perbaikan, karena ini masuk ranah kabupaten. Hampir setiap bulan ada saja warga yang jatuh," kata Arfah kepada wartawan di Kabupaten Sinjai, Sulsel, Rabu (29/1/2020).

Menurut dia, karena laporan warga tidak pernah digubris. Warga sering kali berswadaya memperbaiki jalan tersebut. Namun tetap saja butuh perbaikan permanen, sehingga membuat warga lebih tenang saat melintasi akses jalan tersebut.

Seorang ABK kapal penyeberangan, Saenal mengatakan, perbaikan jembatan ini sudah sangat darurat. Dia dan sejumlah warga mengaku kesal karena respons pemda yang sangat lamban, dan nyaris tidak ada upaya untuk memperbaiki akses masyarakat di sana.

"Pengguna jembatan harus ekstra hati-hati jika melintas karena dapat terperosok dan bahkan jatuh ke laut, kan bisa bahaya," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Infokom dan Persandian Pemkab Sinjai, Irwan suaib, mengatakan Pemkab telah merencanakan perbaikan jembatan di samping Kantor Camat Pulau Sembilan tahun 2021 mendatang menggunakan dana hibah dari pusat.

"Jadi untuk tahun ini yang akan dikerja Talud, sedangkan tahun depan (2021) Dermaganya, karena kita (Pemkab) telah mendapat dana Hibah dari pusat," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal