Jembatan Darurat di Jalan Poros Sinjai-Bulukumba Mulai Dibangun, Rampung 14 Hari

Antara · Senin, 08 November 2021 - 11:05:00 WITA
Jembatan Darurat di Jalan Poros Sinjai-Bulukumba Mulai Dibangun, Rampung 14 Hari
Pembangunan jembatan darurat. (Foto: Dok iNews).

MAKASSAR, iNews.id - Jembatan darurat yang berada di Jalan Poros Sinjai-Bulukumba mulai dibangun sebagai akses warga dua daerah tersebut. Fasilitas ini diperkirakan baru akan rampung 14 hari ke depan.

Jembatan darurat ini berada di poros Tellilimpe-Kajang. Akses warga ini menjadi penghubung warga dua kabupaten setelah jembatan di Dusun Toba, Desa Bua, roboh.

"Pak Plt Gubernur Andi Sudirman sudah meminta UPT Wilayah VI Pekerjaan Umum untuk segera menyiapkan material jembatan darurat," kata Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, Minggu (7/11/2011).

Dia mengatakan, UPT Wilayah VI membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengadaan jembatan permanen. Sementara untuk persiapan material pembangunan jembatan darurat sendiri ditaksir selesai 14 hari ke depan.

Jembatan ambruk yang merupakan akses dari Ibu Kota Sinjai ke Kecamatan Kajang berada di Dusun Toba, Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe. Jembatan ini adalah akses utama ke Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba.

Untuk ke Pantai Bira Bulukumba, lokasi ini menjadi pilihan utama karena jaraknya lebih dekat. Namun akses lain ke Kajang masih ada melewati jalur lain, yakni Desa Era Baru dan Desa Sukamaju dengan jarak tempuh lebih jauh.

Jembatan di Dusun Toba ini dibangun aparat TNI bersama pemerintah dan masyarakat pada 2003 lalu. Pada Juli lalu saat hujan lebat melanda Sinjai, pondasi jembatan itu mulai terkikis akibat banjir.

Sebelumnya pada Rabu (3/11/201)21) lalu, jembatan akses dua daerah ini ambruk setelah dilewati truk pengangkut semen. Fasilitas di jalan utama ini tak bisa dilewati kendaraan sampai sekarang.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: