Jembatan Besi Ambles di Bojo Barru, BBJN: Karena Truk Bawa Beban 30 Ton

Antara, Saharuddin ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 10:10 WIB
Jembatan Besi Ambles di Bojo Barru, BBJN: Karena Truk Bawa Beban 30 Ton
Warga melihat kondisi jembatan amblas di Barru setelah dilintasi truk bermuatan berat. (Foto: iNews/Saharuddin).

MAKASSAR, iNews.id - Jembatan besi di wilayah Bojo, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), ambles diduga karena truk yang melintas kelebihan muatan. Sebab bukan hanya ada satu kendaraan besar yang melintas di sana saat terjadi insiden itu.

Kepala Balai Besar Jalan Nasional XIII (BBJN) Makassar, Miftachul Munir mengatakan, sebelum jembatan ambles, ada dua truk bermuatan sekitar 30 ton melintas di sana.

"Truk yang ketiga jatuh dan lantai jembatan ikut jebol," kata Munir di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (18/2/2020)

Dia merinci, ada 600 sak pupuk yang diangkut ketiga truk tersebut. Satu sak memiliki beban sekitar 50 kilogram, jadi totalnya kendaraan besar itu membawa 30 ton muatan.

Namun penyebab kelebihan muatan, kata dia, masih dugaan awal Tim Forensik Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), serta Pusjaka. Hasil pastinya masih menunggu tim inventarisasi kerusakan.

Dia membantah kalau kondisi Jembatan Bojo dianggap tidak layak. Sebab selama ini semua kendaraan masih bisa melintas, dan tidak ada masalah, seperti mengalami kerusakan atau roboh.

"Jadi truk melebihi kapasitas muatan. Apabila jembatannya tidak kuat, tentu akan roboh. Tapi kan jembatannya masih berdiri, cuma lantainya saja ambles," ujarnya.

Hasil pemetaan tim di lapangan, bukan terjadi keretakan pada lantai jembatan, tetapi terjadi cross (rangka penghubung) pada grindel baja sobek, sehingga truk yang terakhir melintasinya terjatuh.

"Ada 10 balok baja pada jembatan itu, yang kelima terpuntir. Akibatnya, truk itu terperosok karena grindelnya pasti sobek," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal