Jarang Senyum, Rahmat Taqwa Tampak Tegang saat Dilantik Jadi Anggota DPRD Makassar

Yoel Yusvin, Antara, Sindonews ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 16:40 WITA
Jarang Senyum, Rahmat Taqwa Tampak Tegang saat Dilantik Jadi Anggota DPRD Makassar
Prosesi pelantikan anggota DPRD Makassar yang merupakan mantan narapidana narkoba. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR, iNews.id - Anggota DPRD Kota Makassar, Rahmat Taqwa Qurais, tampak tegang saat menjalani proses pelantikan pada Jumat (14/2/2020) siang tadi. Dia jarang terlihat tersenyum selama berada di gedung dewan.

Rahmat yang merupakan mantan narapidana kasus penyalahgunaan narkoba ini resmi menjabat sebagai anggota DPRD setelah pelantikannya sempat tertunda lima bulan. Pelantikan ini tetap berlangsung karena dia sudah memiliki SK gubernur atas hasil keputusan KPU Kota Makassar.

Ketua Fraksi PPP, Abdul Azis Namu, mengaku pelantikan Rahmat merupakan permintaan internal PPP. Terkait adanya penolakan dari sejumlah pihak, kata dia, menjadi hak masing-masing dari mereka untuk menyampaikan pendapat.

"Saya kira itu hak dari pada sekelompok ormas mungkin merasa klarifikasi partai silahkan komunikasi sama partai, karena kami ini atas nama lembaga DPRD," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Makassar, Andi Suhada Sappaille mengatakan, hasil keputusan rapat anggota bersama tim ahli hukum, menyepakati pelantikan tersebut.

Hasil konsultasi itu, kata dia, pelantikan harus segera dilaksanakan karena jika terus tertunda, malah dinilai akan melanggar aturan perundang-undangan.

"Karena itu, langsung kita gelar rapat di Bamus untuk penjadwalan pelantikan itu. Dalam rapat Bamus kita juga telaah aturan pemerintah yang berhubungan dengan pelantikan," katanya.

Sebelumnya, Rahmat Taqwa ditangkap oleh Satnarkoba Polrestabes Makassar pada September 2019 lalu, beberapa hari menjelang pelantikan sebagai anggota DPRD Kota Makassar.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal