Jangan Lama-Lama, Gubernur Nurdin Abdullah Minta Tes Swab Pagi Keluar Sore

Yoel Yusvin, Muhammad Arham Hamid ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 09:20 WIB
Jangan Lama-Lama, Gubernur Nurdin Abdullah Minta Tes Swab Pagi Keluar Sore
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, meminta proses pemeriksaan swab di Balitbangkes Makassar berlangsung lebih cepat. Tes yang dilakukan saat pagi harus keluar hasilnya pada sore hari.

Pernyataan ini menjawab kasus yang sedang viral di Kota Makassar belum lama ini. Sebab keluarga tidak terima ketika jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal dunia dimakamkan prosedur Covid-19, dan ternyata hasil tes dinyatakan negatif terinfeksi virus corona.

"Maka saya minta kemarin itu kepada rumah sakit, mereka masuk langsung swab. Kita juga minta laboratorium prioritaskan pasien di rumah sakit, jangan dicampur dengan orang tanpa gejala (OTG)," kata Nurdin di Kota Makassar, Sulsel, Jumat (5/6/2020).

Dia menekankan, hasil tes swab dari pasien yang dalam kondisi kritis harus segera keluar. Bahkan dia mengatakan, bila pemeriksaan dilakukan saat pagi, hasilnya harus keluar pada sore hari.

"Dilema bagi kita, sudah dikebumikan baru hasilnya keluar. Makanya kita berharap mulai hari ini tidak ada lagi seperti itu, supaya masyarakat juga ada kepastian," urainya.

Gubernur mengaku sudah pernah berkali-kali mengingatkan pihak rumah sakit agar melakukan tes swab langsung setiap pasien PDP dan ODP. Keluarga pasien bukan hanya diminta tanda tangan protokol Covid-19 saja.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal