Ikan Langka Ini Ditangkap Ilegal di Perairan Menui

Antara ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 11:05:00 WITA
Ikan Langka Ini Ditangkap Ilegal di Perairan Menui
Ikan Napoleon ditangkap ilegal. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Seekor ikan langka jenis napoleon ditangkap ilegal di perairan Kepulauan Menui, Sulawesi Tengah (Sulteng). Satwa laut tersebut masuk dalam kategori dilindungi pemerintah.

"Ikan napoleon merupakan jenis ikan dilindungi berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 37 tahun 2013," kata Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP TB Haeru Rahayu dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Ikan napoleon ini sudah dilepaskan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar dan Pangkalan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Bitung.

Satwa laut ini dilepasliarkan di kawasan konservasi Teluk Moramo Sulteng. Temuan ikan ini menjadi bukti kasus destructive fishing atau menangkap ikan dengan cara merusak.

Haeru Rahayu juga menyampaikan pelepasliaran merupakan bentuk keseriusan KKP dalam menjaga kelestarian populasi ikan napoleon sebagai salah satu dari jenis ikan prioritas konservasi.

Kepala BPSPL Makassar, Andry Indryasworo Sukmoputro mengatakan, ikan napoleon yang ditemukan dan telah dilepasliarkan ini memiliki ukaran total 50 cm, panjang standar 42 cm, panjang kepala 12 cm, tinggi badan 18 cm, dan tinggi ekor 8 cm.

"Sementara berat ikan 2,57 kg," ujar Andry.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal