Hujan Terus-menerus, Warga di Sulsel Khawatir Sungai Meluap

Wahyu Ruslan, Antara, Herni Amir ยท Sabtu, 07 Maret 2020 - 10:15 WIB
Hujan Terus-menerus, Warga di Sulsel Khawatir Sungai Meluap
Sungai meluap menyebabkan air tumpah ke jalan. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Warga di sejumlah daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) khawatir terjadi luapan sungai saat hujan terus menerus mengguyur daerah mereka beberapa hari terakhir. Kondisi ini dinilai dapat menyebabkan banjir bandang.

Ketua RT di Dusun Tanatekko, Kabupaten Maros, Aco mengatakan, hujan deras mengguyur selama tiga hari terakhir membuat debit sungai meluap. Dia khawatir kondisi ini akan menyebabkan banjir seperti awal tahun 2019 lalu.

"Air Sungai Bantimurung yang melewati desa kami, nyaris sampai ke bibir sungai," kata dia di Dusun Tanatekko Daeng Tampa, Desa Alatengae, Kecamatan Bantimurung, Jumat (6/3/2020).

Kondisi serupa juga terjadi di sekitar jembatan Barobong yang dilintasi Sungai Je'ne Berang di Kabupaten Gowa. Mereka sudah mengantisipasi diri dengan mengangkat perabotan rumah.

Warga Barombong, Nuasiah mengatakan, sudah mengantisipasi dengan menaikkan perabotan rumah tangga ke tempat yang lebih tinggi, khususnya perabotan elektronik. 

"Semoga besok air sungai surut karena hujan sudah mulai reda," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan masih akan mengguyur Kota Makassar hingga tiga hari ke depan. Kondisi ini juga berlaku untuk sejumlah daerah di sekitar wilayah tersebut.

"Untuk tiga hari kedepan masih berpotensi terjadi hujan di wilayah Makassar," kata prakirawan BMKG IV Makassar, Esti Kristantri.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal