Hujan Deras Picu Tanah Ambles, Ribuan Warga 3 Desa d Pinrang Terisolasi

Ichsan Anshari · Rabu, 13 Januari 2021 - 18:22:00 WITA
Hujan Deras Picu Tanah Ambles, Ribuan Warga 3 Desa d Pinrang Terisolasi
Air bah menerjang Desa Mesakada Pinrang, Sulsel, dan mengakibatkan tanah ambles, Selasa (12/1/2021). (Foto: iNews/Ichsan Anshari) 

PINRANG, iNews.id – Ribuan kepala keluarga (KK) warga tiga desa di Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), terisolasi akibat tanah ambles dan tidak bisa dilalui kendaraan. Bencana itu dipicu hujan deras yang melanda kawasan ini, Selasa (12/1/2021).

Detik-detik saat air bah menerjang permukiman penduduk di Desa Mesakada, Kecamatan Lembang, pasca hujan deras, sempat direkam warga. Akibatnya, sejumlah tanah menjadi ambles. Akses jalan penghubung dari Desa Mesakada, Sali-Sali, serta Desa Suppirang tidak bisa dilalui.

Sejumlah warga pun saling bahu-membahu untuk membersihkan material longsor yang menutup akses antardesa. Warga hanya menggunakan alat seadanya agar jalan dapat dilalui kembali.

“Tanah yang labil disertai guyuran hujan dengan intensitas tinggi membuat tanah menjadi ambles. Akses jalan satu-satunya antardesa tertutup jadinya. Ada alternatif melewati Sulawesi Barat, tapi jauh,” kata warga, Rafael Rotte, Rabu (13/1/2021).

Editor : Maria Christina